Ilustrasi/Ist

Vaksin Covid-19 dari Korsel, Uji Klinis 100 Relawan di Indonesia September ini

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Untuk pengembangan vaksin Covid 19, selain kerjasama dengan Sinovac Cina, Indonesia melalui Kalbe Farma juga menjalin kerjasama dengan Genexine Korea Selatan. Uji klinis vaksin Covid 19 dari negeri Gingseng ini akan dilakukan di Indonesia pada September 2020.

Menurut Wien Kusharyoto, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), uji klinis tahap II vaksin dari perusahaan Genexine asal Korsel hanya akan melibatkan 100 relawan di Indonesia.

“Pada tahap uji klinis untuk tahap II rencananya baru akan dimulai sekitar September atau Oktober dan hanya melibatkan sekitar 100 relawan,” kata Wien dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Wien menambahkan, pada saat yang sama, juga akan dilakukan uji klinis tahap II di Korea Selatan serta penjajakan kerja sama untuk uji klinis tahap II di Turki.

Menurut Wien, Genexine mengembangkan vaksin berbasis DNA, sementara vaksin Merah Putih yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman berbasis protein rekombinan.

Sedangkan Bio Farma dan Sinovach asal Cina bekerja sama dalam uji klinis tahap III untuk vaksin Covid-19 berbasis virus yang dimatikan atau diinaktifkan.

Baca juga  Ini Tahap-Tahap Pengembangan Vaksin Virus Corona

Wien menjelaskan, ada rencana dari Kalbe untuk melibatkan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk uji klinis di Indonesia ini.

Namun, kerja sama dengan LIPI belum rampung karena masih menunggu pembahasan terkait komitmen pendanaan.

Uji klinis fase II dimaksudkan untuk memantau keamanan vaksin, potensi munculnya efek simpang, respons imun, menentukan dosis optimal dan jadwal pemberian vaksinasi.[] Anto


TAG

Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *