Kota Bogor

Tirta Pakuan Uji Coba Mata Air Kabandungan

BOGOR-KITA.com, BOGOR  – Pemanfaatan Sumber Mata Air Kabandungan kapasitas 30 liter per detik di Desa Sirnagalih Tamansari Kabupaten Bogor mulai diujicoba oleh Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Uji coba ini dimulai dengan pengaliran air ke pipa induk hingga ke reservoir Kota Batu kapasitas 2.000 M3 di area Sumber Mata Air Kota Batu, Kamis (16/6/2022).

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan, running test dalam artian air baku diujicoba mengaliri pipa yang sudah dipasang untuk mengetahui tekanan air, termasuk untuk memastikan tidak adanya pipa induk yang bocor. Menurunya, pekerjaan pemasangan pipa yang bersumber dari sumber air Kabandungan yang akan mengaliri zona 6 di wilayah Bogor Selatan sudah hampir selesai.

Baca juga  Dirut Rino Bentuk Tim Pengawas Kesehatan dan Keselamatan Kerja

“Jadi kita lakukan running test untuk mengetahui bagaimana tekanan air dan apakah ada pipa yang bocor, termasuk bagaimana aliran air sampai di Reservoir Kota Batu,” kata Rino.

Jarak pipa yang telah dipasang dari sumber mata air Kabandungan sampai di Reservoir Kota Batu sekitar 1,2 km dengan jenis pipa HDPE diameter 200 milimeter. Ujicoba ini akan berlangsung satu bulan ke depan. Rino mengatakan, petugas akan berupaya pekerjaan ini tidak mengganggu pelayanan air bersih di wilayah zona 6.

“Uji coba ini pemanfaatkan mata air Kabandungan ini merupakan ikhtiar Tirta Pakuan untuk memperbaiki pelayanan air minum di wilayah zona 6, seperti Cikaret, Cibeureum dan sekitarnya,” kata Rino.

Baca juga  Penanganan Covid-19 Semakin Tak Terkendali

Selain ujicoba, Tirta Pakuan juga akan melakukan penertiban jaringan perpipaan di wilayah zona 6 untuk memperbaiki pelayanan di wilayah tersebut. “Jadi ada dua kegiatan yang kami lakukan untuk perbaikan pelayanan di zona 6, yaitu ujicoba Mata Air Kabandungan, dan penertiban jaringan perpipaan. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar program-program ini bisa berjalan sesuai rencana,”tutup Rino. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top