Kab. Bogor

Termasuk Cuci Darah, RSUD Ciawi Berupaya Empat Layanan Kesehatan Ditanggung BPJS

dr Tsani Musyafa (paling depan kanan)

BOGOR-KITA.com, CIAWI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi terus berusaha agar semua layanan yang ada di rumah sakit itu bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas terutama soal pembiayaan.

Untuk itu, ada empat layanan baru di RSUD Ciawi yang sedang dalam proses penilaian Badan Pengelolaan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan agar bisa masuk menjadi layanan kesehatan yang ditanggung BPJS.

“Empat layanan ini sudah diajukan sebelumnya dalam bentuk surat ke BPJS dan BPJS membalas,” ujar Dirut RSUD Ciawi dr Tsani Musyafa Jumat (18/6/2021).

Saat ini, kata dia, BPJS Kesehatan sedang melakukan proses penilaian terkait kelayakan dari empat pelayanan baru ini.

“Apakah bisa dikerjasamakan dengan BPJS atau tidak, Ini juga salah satu langkah ke depan yang dilakukan RSUD  Ciawi untuk mampu melayani lebih dari sekarang ini,” ucap Tsani yang merupakan Ahli Nyeri.

Baca juga  Pasien di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Ciawi Sempat Menurun, Kini Naik Meski Tidak Signifikan

Lanjutnya, kenapa empat layanan ini harus bisa masuk ke BPJS,”karena berbicara BPJS, manfaatnya hampir dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Empat layanan tersebut yakni, Layanan Instalasi Manajemen Nyeri, Layanan CAPD ( Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) yaitu Cuci Darah yang dilakukan lewat perut, Layanan Dokter Subspesialis Anak Konsultan Neuropediatrik dan Layanan Dokter Gigi Spesialis Gigi Anak (Pedodonti).

Empat layanan ini terbilang masih jarang di rumah sakit, Namun jumlah penderita penyakit ini cukup lumayan.

“Dan ini melangkapi pelayanan kami yaitu Dental center,” ucapnya.

Untuk bisa empat layanan kesehatan ini ditanggung BPJS, ada sejumlah penilaian yang harus dipenuhi, terutama dari sisi kelangkapan administrasi, kelengkapan alat, proses layanan,”Nah itu akan jadi poin-poin penilaian  BPJS, dan selanjutnya, BPJS akan menentukan bisa tidaknya layanan ini ditanggung BPJS,” bebernya.

Baca juga  Kadishub Kabupaten Bogor Dirawat di RSUD Cibinong

Ia berharap, empat layanan ini bisa tercover BPJS. Sebab,  selama ini ke empat layanan tersebut masih masuk layanan umum, dimana pasien harus membayar penuh sesuai tarif yang berlaku

“Kalau bisa ditanggung BPJS berarti bisa membantu masyarakat,” tandasnya. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top