Ilustrasi vaksinasi/Ist

Sudah 800 Orang Mendaftar jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid 19

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Sampai Kamis (6/8/2020), 800 orang telah mendaftar jadi sukarelawan uji klinis vaksin Covid 19 buatan Sinovac Cina. Hal ini diungkapkan Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac dari Universitas Padjadjaran Prof Kusnandi Rusmil.

Sementara menurut Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga, uji klinis ini hanya diperuntukkan bagi warga Bandung Raya agar mempermudah pemantauan petugas, karena pusat penelitian uji klinis vaksin Covid 19 sekarang ini dipusatkan di Bandung.

“Sudah bertambah ternyata, jadi per hari ini (Kamis-red) yang mendaftar sudah 800 (orang yang mendaftar),” kata Kusnandi di Fakultas Kedokteran Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung.

Kusnandi mengungkapkan, warga antusias menjadi relawan uji klinis vaksin. Sejumlah dokter di Jawa Barat juga menghubungi Kusnandi dan menyampaikan keinginan untuk terlibat dalam uji klinis vaksin dari Cina tersebut.

“Terutama teman-teman dokter yang dari IDI wilayah Jawa Barat, semua itu ingin mendukung ya, mereka udah bikin surat resmi kepada saya ingin ikut, tapi saya bilang jangan, kalau yang di luar kota nanti kami kesulitan gitu,” tutur Kusnadi.

Baca juga  Presiden Jokowi: Indonesia Produksi Vaksin COVID-19 Awal 2021

Kusnadi menjelaskan, tim riset masih mengutamakan penerimaan calon relawan dari wilayah Kota Bandung mengingat pengawasan terhadap relawan yang berada di luar Kota Bandung akan sulit dilaksanakan.

Kusnandi menjelaskan, riset uji klinis vaksin COVID-19 akan berlangsung cukup lama dan para relawan akan diminta mendatangi tempat uji klinis lima kali sejak pemberian edukasi awal kepada para relawan.

Riset uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac dijadwalkan berlangsung mulai 11 Agustus 2020 di enam lokasi di Kota Bandung, yakni Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Ciumbuleuit, dan Puskesmas Dago. [] Anto


TAG

Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *