Regional

Ridwan Kamil: Kepemimpinan Terbaik adalah Keteladanan

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Kepemimpinan adalah Keteladanan. Hal ini dikemukakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (EMIl seusai menerima Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Jumat (25/10/2019) malam.

Emil pun mereflekasikan kepemimpinannya sejak dia menjabat sebagai Wali Kota Bandung hingga kini menjadi seorang gubernur yang memimpin provinsi dengan penduduk hampir 50 juta jiwa.

“Kepemimpinan terbaik adalah keteladanan. Karena menjadi pemimpin hari ini setiap lisan dan perbuatan, gestur hingga keputusan sang pemimpin menjadi sorotan. Terlebih dengan hadirnya media sosial melalui teknologi digital. Value-nya kepemimpinan terbaik adalah keteladan. Jadi pemimpin hari ini disorot apalagi dengan revolusi digital, lisannya, gesturnya, keputusannya disorot. Hari ini kita tidak bisa berdiam diri,” ucapnya.

Ada tiga nilai kepemimpinan yang coba dihadirkan Emil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pertama, pemimpin itu harus membawa rasa aman dan nyaman.

Kedua, seorang pemimpin harus bisa mengakselerasi sistem, di mana setengah dari kegiatan yang dilakukan Emil yaitu mengawal kebijakan pusat untuk diterapkan di daerahnya. Sebab, Gubernur adalah wakil dari pemerintah pusat dan setengahnya lagi melakukan inovasi sesuai kebutuhan. Terakhir, pemimpin dituntut untuk selalu membawa perubahan.

“Itulah yang kami hadirkan. Perubahan diukur melalui kolaborasi dan inovasi. Bagaimana berinovasi? Belanja masalah, tiap hari kita tidak bisa diam, belanja masalah, membaca keluhan, dan mencari solusi,” ujarnya.

Baca juga  BPJS Nunggak Rp. 26 Milyar, RSUD Ciereng Usulkan Kenaikan Tarif Pelayanan ke DPRD Subang

Emil pun mengatakan bahwa pihaknya hingga kini terus memperbaiki diri melalui berbagai terobosan. Dengan harapan, suatu saat Jawa Barat bisa menjadi percontohan.

“Kita di Jawa Barat terus memperbaiki diri, beradaptasi, akseleratif, sampai suatu hari Jawa Barat menjadi percontohan tidak hanya level nasional mungkin regional —level Asia, tentang inovasi-inovasi pemerintahan yang sangat responsif dan adaptif,” katanya. [] Admin/Humas Pemdaprov Jabar

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 − 60 =

Terpopuler

To Top