Kota Bogor

Progres Capai 75 Persen, Dedie Rachim Harap Museum Pajajaran Dapat Diresmikan Desember

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim meninjau progres pembangunan Museum Pajajaran di Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan pada Jumat (24/11/2023).

Saat ini progres pembangunan museum Pajajaran sudah mencapai 75 persen dan ditargetkan selesai dan dapat diresmikan pada Desember 2023.

“Hari ini saya meninjau langsung progres pembangunan Bumi Ageung Batutulis atau Museum Pajajaran yang secara fisik kontruksinya sudah 75 persen. Harapannya untuk sarana konstruksi utama akhir bulan Desember bisa diresmikan,” ucap Dedie Rachim.

Kemudian, kata Dedie Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan kembali menganggarkan untuk keperluan atau perlengkapan museum Pajajaran tersebut

Untuk itu, lanjut Dedie pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor terkait apa saja yang akan disimpan di dalam museum.

Baca juga  Akibatkan Banjir, Warga Lebak Pilar Minta Drainase Dibongkar

“Kalau interior dan isi museum harus ada kajian. Hal itu dilaksanakan bersama, tidak hanya Disparbud tapi dengan lintas sektoral instansi, provinsi dan pusat,” jelasnya.

Selain itu, Pemkot juga akan menyiapkan story line di dalam museum untuk memberikan wawasan kepada para pengunjung. Story line tersebut berisikan cerita-cerita mengenai peradaban kerajaan Pajajaran.

“Kami siapkan panel lintasan sejarah sejak zaman prasejarah, kerajaan, kolonial Portugis, Belanda, Jepang, sampai kemerdekaan,” ujarnya.

Ia berharap museum Bumi Ageung Batutulis ini dapat dijaga bersama-sama oleh seluruh masyarakat Kota Bogor.

“Walaupun yakin tidak bisa mengakomodir semua kepentingan, tapi kami berharap ini jadi milik bersama yang perlu dijaga dan dikembangkan bersama budayawan, dinas dan masyarakat,” pungkasnya. [] Ricky

Baca juga  Disparbud Optimis Pembangunan Museum Pajajaran Selesai Tepat Waktu, Soal Batu Bata Merah Tidak Diakomodir
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top