Kota Bogor

Pemkot Bogor Luncurkan Aplikasi, Sarana Pendampingan UMKM Naik Kelas

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah saat membuka dan melaunching Aplikasi Solusi UMKM Kota Bogor sekaligus Awarding UKM Juara Tingkat Kota Bogor di Botani Square, Kota Bogor, Minggu (6/12/2020).

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus survive (bertahan), berprestasi dan beradaptasi di masa pandemi Covid-19 ini. Agar usaha yang dijalankan dapat terus tumbuh dan bertahan, salah satu caranya adalah dengan pendampingan UMKM Naik Kelas.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan UMKM Naik Kelas ini, semuanya naik kelas ya. Data di Dinas Koperasi dan UMKM ada 65 ribu UMKM di Kota Bogor dan kalau ini semua bisa naik kelas, maka kita akan semakin kuat,” kata Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah saat membuka dan melaunching Aplikasi Solusi UMKM Kota Bogor sekaligus Awarding UKM Juara Tingkat Kota Bogor di Botani Square, Kota Bogor, Minggu (6/12/2020).

Baca juga  Camat Kemang Minta Pengelola Galian Jalan Bomang Bersihkan Tanah Bercecer

Menurut Sekda, para pendamping UMKM, panitia dan yang terlibat sangat luar biasa. Pasalnya, dalam menghadapi pandemi ini harus disikapi persiapan new normal bersama-sama.

“Jadi, di Kota Bogor ini banyak orang pintar dan mereka tidak menyimpan itu sendiri. Di OPD ada sedekah ilmu, baik itu ilmu marketing, promosi, juga bagaimana bisa membuat produk dalam jumlah yang besar,” paparnya.

Syarifah mengatakan, Pemkot Bogor menargetkan 7,7 juta wisatawan yang datang ke Kota Bogor. Karena itu, keberadaan UMKM ini akan sangat penting.

“Barang atau kuliner khas Kota Bogor punya potensi. Kita tahunya kan baru toge goreng, soto kuning. Nah saya mau ada brand lain yang muncul dalam beberapa tahun ke depan,” harap Sekda.

Baca juga  Puluhan Pelaku UMKM di Leuwiliang Ikuti Pelatihan Tata Kelola Keuangan

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Samson Purba menyebutkan, ada tiga agenda dalam acara Aplikasi Solusi UKM Kota Bogor sekaligus Awarding UKM Juara.

Pertama, launching aplikasi Solusi yang menjadi jawaban bagi para pelaku UMKM untuk melakukan konsultasi dan akan diberikan konsultan dari para pendamping.

Kedua, adalah kompetisi produk UMKM

Ketiga adalah plating dessert (penyajian makanan di piring).

“Kepada teman-teman UMKM saya pesan, pelaku UMKM harus terus bersama, bersinergi agar bisa terus bertahan dan guyub memajukan perekonomian Kota Bogor,” jelasnya.

GM Harian Metropolitan, Rama Irawan berharap Sekda Kota Bogor bisa menjadi “Ibunya” UMKM Kota Bogor yang mensupport kebangkitan UMKM di Kota Bogor.

Baca juga  Ridwan Kamil Kepada Paguyuban Pasundan Papua: Jaga Papua, Jaga Nama Baik Pasundan

“Hari ini, semuanya merasa jago, tapi dengan adanya bimbingan dan support dari Pemerintah Kota Bogor mudah-mudahan UMKM bisa naik kelas,” ujarnya.

Apalagi saat ini diketahui Indonesia mengalami resesi. Mudah-mudahan dengan berputarnya roda ekonomi yang digerakkan oleh UMKM, Indonesia bisa keluar dari resesi.

“Maka dari itu saya berharap stakeholder mau mendukung UMKM, karena UMKM ini adalah jantung perekonomian Kota Bogor dan Indonesia saat ini,” tegasnya. [] Hari/Prokompim

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top