Pemkot Bogor Gelar Lomba Kebersihan Tingkat RT

Pemkot Bogor Gelar Lomba Kebersihan Tingkat RT

BOGOR-KITA.com –  Pemerintah Kota Bogor terus mengupayakan berbagai cara guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan di lingkungan sekitar. Salah satu upaya kreatif yang dilakukan adalah menggelar Lomba Kebersihan Tingkat Rukun Tetangga (RT). Lomba kebersihan tingkat RT ini merupakan lomba yang pertama kali digelar di Kota Bogor, diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 1000 RT yang ada di Kota Bogor.

Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Masyrakat (Ekbang Kesra) Sekretariat Daerahb KOta Bogor Toto M. Ulum mengatakan, minggu depan sudah mulai melakukan rapat bersama RT, RW, Lurah dan Camat untuk menyampaikan program lomba kebersihan ini. Lomba kebersihan ini untuk menggalang partisipasi warga untuk sama-sama membersihkan lingkungan dari sampah.

“RT bisa menilai sendiri apakah sudah masuk dalam tujuh kriteria yang ditentukan, sehingga penilaian juri akan sangat transparan,” ujar Toto seusai rapat kebersihan di Ruang Rapat I Balaikota Bogor, Jalan Juanda 10 Bogor, Jumat (11/3/2016)

Toto menambahkan, lomba kebersihan yang pertama kali diadakan di Kota Bogor ini akan berdampak sangat positif terutama dalam mengangkat kualitas kesehatan masyarakat. Mulai dari perubahan perilaku malu membuang sampah sembarangan hingga bergerak langsung dalam aksi kebersihan. Walau hal ini tidak akan mudah, Pemkot akan terus-menerus melakukan sosialisasi secara masif.

“Mudah-mudahan bisa dilakukan dan dari sini bisa kembali menggalakan pola pengambilan sampah yang teratur,” jelas Toto.

Sementara itu, Anggota Tim Percepatan Prioritas Program Pembangunan (TP4) Kota Bogor Maria Dian Nurani mengatakan, dirinya optimis dengan program kebersihan ini karena di Negara Jepang juga sempat mengalami peliknya pengelolaan sampah. Jepang juga akan membantu Kota Bogor dalam pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah. Tinggal adanya kedisiplinan dan kesadaran dari masyarakat.

“Lomba sekarang untuk RT yang berminat dulu dengan perkiraan sekitar 1000 RT dan yang terpenting itu kami mendapat data langsung dari dari setiap RT,” pungkas Maria. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *