Pemkot akan Desain Ulang Tugu Kujang

Paska SSA, Pemkot akan Perbaiki Infrastruktur

BOGOR-KITA.com – Paska kebijakan penerapan Sistem Satu Arah (SSA) di ruas jalan seputar Kebun Raya Bogor (KRB), kini terdapat sejumlah persimpangan jalan atau titik tertentu yang menjadi lokasi tidak efektif. Diantaranya kawasan sekitar Tugu Kujang, simpang Lawang Suryakancana, dan simpang lampu pengatur lalu lintas Jalan Juanda – Jalan Kapten Muslihat.
Temuan itu terungkap dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman selama dua hari, Rabu dan Kamis, 22-23 Juni 2016.
“Ini hari kedua saya lakukan sidak untuk perbaikan infrastruktur paska SSA. Jadi akibat dari kebijakan SSA ini banyak persimpangan jalan atau titik tertentu menjadi lokasi yang tidak efektif seperti di kawasan Tugu Kujang,” ungkap Usmar.
Di lokasi itu, katanya, sekarang ini terdapat ruang-ruang yang tidak efektif yang tadinya badan jalan dan dilalui kendaraan. Namun saat ini kondisinya menjadi pasif atau mati.
Titik lainnya seperti di simpang Lawang Suryakancana, rencananya akan diefektifkan. “Ada dua kepentingan memang. Satu untuk kepentingan plaza heritage, yang berarti keseluruhannya harus dijadikan pulau-pulau atau taman. Tapi ada kepentingan lain, yaitu menjadikan Jalan Suryakancana untuk angkutan massal dengan dua trayek dari arah Jalan Siliwangi dan dari arah Pasar Bogor,” terang Usmar.
Begitu pun halnya dengan persimpangan antara Jalan Juanda dan Jalan Kapten Muslihat. “Kalau pulau-pulau di sekitar simpang Jalan Kapten Muslihat itu ternyata ada rekayasa juga. Kalau di sekitar eks lampu merah dibuatkan plaza atau taman, tapi barrier atau pemisah jalannya itu akan direkayasa sampai titik Jembatan Merah akan dimatikan dengan dibuatkannya bukaan-bukaan tertentu saja,” paparnya.
Jadi, menurut Usmar, seluruh pengguna jalan atau kendaraan ada di kawasan Jalan Kapten Muslihat nantinya harus berputar di dekat lampu merah Jalan Juanda. “Kecuali kendaraan yang dari arah Jalan Juanda atau jalur SSA bisa langsung belok kiri ke Jalan Kapten Muslihat,” jelasnya.
Pada sidaknya itu Usmar didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor Endang Suherman serta Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Penertiban (Daltib) Prihanto. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *