Mendorong Bogor Menjadi Kota Paliatif

Mendorong Bogor Menjadi Kota Paliatif

BOGOR-KITA.com – Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat membuka Seminar Keperawatan Paliatif yang diselenggarakan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Komisariat RS Marzuki Mahdi bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Kota Bogor. Seminar yang berlangsung di Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Sabtu (29/10/2016) tu diselenggarakan sekaligus sebagai Pencanangan Kota Bogor sebagai Kota Paliatif. .
Mengutip definisi yang ditetapkan WHO, Ade mengatakan, perawatan paliatif adalah metode perawatan medis yang dilakukan secara total dan aktif. Dilakukan kepada pasien penderita penyakit yang tidak lagi responsif terhadap pengobatan kuratif atau tidak dapat disembuhkan. Contohnya para penderita kanker stadium tinggi yang secara medis sulit untuk disembuhkan.
Dengan demikian perawatan paliatif dimaksudkan untuk mengurangi penderitaan pasien, memperpanjang harapan hidup pasien, meningkatkan kualitas hidup pasien dan menyiapkan mental keluarga pasien. Oleh karenanya perawatan paliatif menjadi sebuah tindakan yang bersifat holistik dengan melibatkan banyak pihak seperti dokter, psikolog, guru agama dan para terapis.
Terkait dengan gagasan menjadikan Kota Bogor sebagai kota Paliatif, tentunya Pemerintah Kota Bogor mendukung setiap langkah yang perlu dilakukan. Untuk itu perlu kiranya dilakukan pembahasan lebih menyeluruh tentang dukungan apa yang sekiranya dapat diberikan.
Ade menuturkan, sejauh ini langkah yang mungkin korelatif dengan upaya tersebut adalah pembangunan ruang-ruang publik atau taman-taman kota. Pembangunan taman kota ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kesehatan dan kekuatan jiwa masyarakat. “Diharapkan keberadaan ruang-ruang terbuka hijau menjadi penting dalam membantu masyarakat menemukan ruang untuk beristirahat melepaskan beban hidup,” kata Ade.
Hadir pada seminar ini dokter dan perawat perwakilan dari rumah sakit pemerintah dan swasta, Ketua YKI Cabang Kota Bogor, Yane Ardian, ketua DPD PPNI Hj. Yusniar Ritonga, Ikatan Bidan Indonesia, kader PKK dan sejumlah tamu undangan lainnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *