Kab. Bogor

Lakukan Piket Siaga Kelistrikan, PLTA dan GI Kracak Leuwiliang Turut Sukseskan Pemilu 2024

BOGOR-KITA.com, LEUWILIANG – Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kracak dan Gardu Induk (GI) 70 kV Kracak berhasil menyediakan listrik yang handal demi mensukseskan kegiatan Pemilu 2024 selama masa siaga kelistrikan Pemilu 2024 pada tanggal 7 Februari sampai dengan 15 Februari 2024 di wilayah Kabupaten Bogor.

PT. PLN (Persero) melaksanakan Piket siaga kelistrikan mulai dari Kantor Pusat sampai dengan Unit Layanan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan penyaluran energi listrik ke lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dapat tersalurkan dengan baik.

GI Kracak, salah satu Gardu Induk yang dikelola oleh PLN UPT Bogor, turut andil besar dalam mensuplai keandalan energi listrik selama Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor, utamanya di Kecamatan Leuwiliang.

Berusia hampir satu abad lamanya, PLTA dan GI 70 kV Kracak masih beroperasi untuk memproduksi dan menyalurkan energi listrik di wilayah Kabupaten Bogor. Berjarak kurang lebih 30 KM dari Kota Bogor ini, PLTA dan GI Kracak tetap beroperasi dengan efisien, menunjukkan ketahanan dan keandalan infrastruktur yang telah teruji selama puluhan tahun.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Curva Positif Menukik Tipis, 54,  Sembuh Naik, 32

Mulai dibangun pada tahun 1918 oleh Pemerintah Belanda dan mulai beroperasi menghasilkan energi listrik pertama pada Tahun 1926, PLTA Kracak diklaim menjadi salah satu PLTA tertua di Indonesia yang masih beroperasi. PLTA ini memiliki 3 mesin pembangkit berkapasitas 3 x 6.475 (MW), sehingga mampu menghasilkan listrik sebesar 18,90 MW.

Yang menjadi ciri khas dari PLTA dan GI 70 kV Kracak yaitu pada saat menuju Power House, petugas harus turun menggunakan lori yang diikat tali baja atau dengan menuruni 276 anak tangga. Lori yang dimaksud adalah semacam gerobak yang melintas diatas rel. Lori di PLTA dan GI 70 kV Kracak digerakan oleh mesin penarik yang tersambung dengan lori menggunakan tali baja, sehingga fungsinya menjadi mirip elevator. Di Gedung dalam PLTA Kracak juga terdapat 3 turbin dan generator masih orisinil sejak pertama kali dipasang.

Baca juga  Contact Center PLN Raih 8 Penghargaan di tingkat Asia Pasifik  

Selain sebagai bangunan bersejarah yang harus selalu dijaga, di sisi Gardu Induk Kracak juga terdapat pekerjaan perbaikan peralatan dan/atau pemeliharaan Transmisi yang telah terjadwal. Merujuk pada komitmen PLN untuk selalu memberikan pelayanan listrik terbaik serta memberikan kemanfaatan bagi masyakarat luas.

Dikatakan General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono, sebagai salah satu sumber energi utama bagi wilayah Bogor dan sekitarnya, PLTA Kracak telah menjadi tulang punggung dalam menyediakan pasokan listrik yang stabil dan handal, terutama untuk mendukung berbagai tahapan pemilu.

“Selama masa Piket siaga Pemilu, petugas Jaringan dan Gardu Induk yang bertugas di GI 70 kV Kracak rutin melaksanakan Inspeksi Level 1 dan Inspeksi Level 2,” kata Tejo dalam keterangan tertulis tertulisnya pada Senin (19/2/2024).

Baca juga  Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak Ajak Anak Baca Buku di Masa Pandemi

Dengan dedikasi dan kerja keras PLTA dan Gardu Induk Kracak, Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan sukses, memberikan rakyat Indonesia kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi mereka dengan aman dan terjamin.

“Keberhasilan ini menjadi bukti betapa pentingnya peran infrastruktur yang kokoh dan handal dalam mendukung fondasi demokrasi sebuah negara,” ucapnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top