Kota Bogor

Kontribusi 4 Pengembang Penuhi 75 Persen Kebutuhan Lahan untuk Jalan BIRR

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menandatangani kesepakatan dengan pengembang perumahan terkait pembangunan akses jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, ada 4 pengembang utama yang berkontribusi dalam pembangunan Jalan BIRR, yaitu GAP, GNA, Bogor Indah Sentosa dan Surya Mas Duta Makmur.

Kontribusi empat pengembang ini dalam hal pemberian lahan untuk Jalan BIRR.

“Kontribusi empat pengembang ini mencapai 75 persen kebutuhan lahan, sehingga Pemkot Bogor tinggal membebaskan 25 persen lagi,” kata Dedie, Jumat (26/3/2021).

Setelah penyerahan lahan dari empat pengembang, kata Dedie, akan dilakukan penetapan trase jalan.

Menurut Dedie, total panjang Jalan BIRR kurang lebih sekitar 11,3 kilometer. Tapi yang menjadi prioritas saat ini adalah trase dari Wangun sampai Bogor Nirwana Residence (BNR) sepanjang 7,1 kilometer.

Baca juga  Kejaksaan Negeri Bogor Mulai Usut Kasus Pembebasan Lahan Pasar Jambu Dua

Terkait lahan yang belum dibebaskan, pemiliknya tidak bisa memperjualbelikannya lagi kepada pihak ketiga.

“Sisa 25 persen lahan yang sekarang belum berhasil dibebaskan oleh pengembang atau lahan yang tidak kena kewajiban pengembang harus diserahkan ke Pemkot Bogor,” ucapnya.

Dedie menjelaskan, setelah proses penyerahan lahan, akan dilakukan pembuatan beberapa Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan jembatan dan pembangunan jalan trase Wangun De Tour ke Surya Dilaga sampai BNR.

“Dari tiga trase ini ada enam jembatan yang harus dibangun di sepanjang jalan BIRR, di antaranya dua jembatan besar Sungai Cisadane dan Sungai Cipinang Gading. DED ini baru akan dibuat, setelah pembebasan lahan,” ujarnya.

Baca juga  Warga Ciseeng Tunggu Kepastian Pemkab Beli Lahan untuk Pelebaran Jalan

Dedie menambahkan, pendanaan Jalan BIRR ini bisa dari APBD Kota Bogor, bisa juga dari pemerintah pusat karena terkait dengan jalan nasional.

“Nanti ada Jalan Tol BORR dari Dramaga tembus ke Caringin yang menjadi ujung Jalan BIRR. Apakah dengan mengkoneksikan antara Jalan BIRR dan Tol BORR bisa dianggap sebagai keseluruhan jalan nasional sehingga pembangunannya bisa dibantu oleh pemerintah pusat,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top