Kota Bogor

Kolaborasi Unit Arsip dan Forum Pengelola Arsip IPB University Gelar Webinar Hasil Penelitian Kearsipan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Unit Arsip dan Forum Pengelola Arsip IPB University menyelenggarakan webinar hasil penelitian kearsipan menjadi penyelesaian masalah kearsipan berkualitas, Kamis (23/9/2021). Gelaran webinar ini merupakan respons terhadap urgensi kearsipan bagi setiap lembaga. Adapun tujuan webinar adalah diseminasi hasil penelitian bidang kearsipan.

Ir Setyo Edy Soesanto, SThI, MPd selaku Ketua Forum Pengelola Arsip IPB University sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Arsip IPB University mengatakan, webinar ini berusaha mengajak dan meningkatkan partisipasi sumberdaya manusia kearsipan dalam penelitian bidang kearsipan. Ia juga berharap, webinar ini dapat meningkatkan kompetensi kearsipan ataupun pengembangan kearsipan.

Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Wakil Rektor IPB University bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni, mengatakan, “Tidak dapat dipungkiri masalah kearsipan masih terjadi di berbagai organisasi.”  Ia menyebut, tidak sedikit institusi yang masih mengalami permasalahan dalam pengelolaan arsipnya. Untuk mengatasi masalah kearsipan tersebut, maka upaya dalam mendapatkan solusi penyelesaian masalah kearsipan perlu terus dilakukan di organisasi manapun.

Baca juga  Usmar Buka Semiloka Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi

Guru Besar IPB University ini  melanjutkan, pengelolaan arsip yang berjalan lancar tanpa adanya masalah merupakan cita-cita dari semua organisasi. Baik itu instansi pemerintahan maupun swasta. Oleh karena itu, menemukan solusi dalam mengelola bagian kearsipan, baik itu pengelolaan arsip dinamis maupun statis sangat diperlukan bagi setiap organisasi yang ingin memperbaiki sistem kearsipan yang dimiliki.

Melalui program ini, katanya, para arsiparis dan pengelola arsip IPB University mendapat kesempatan untuk melaksanakan berbagai penelitian kearsipan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi penyelesaian masalah kearsipan di lingkungan IPB University dan bahkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai organisasi di Indonesia.

Setyo Edy Soesanto menambahkan, “Ke depannya, bagi arsiparis dari seluruh Indonesia yang berminat menjadi narasumber pada kegiatan nasional namun instansinya tidak menyelenggarakan, maka dapat menghubungi kami sebagai sarana pembelajaran bersama untuk kemajuan sumberdaya manusia kearsipan Indonesia.” [] Hari

Baca juga  Bima Arya: Industri Kreatif Bogor Berkembang Sangat Cepat
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top