Laporan Utama

Kiat Puasa Bagi Penderita Diabetes

dr. Felicia Deasy Irwanto Sp.GK.,M.Gizi., MM

BOGOR-KITA.com, JAKARTA –  Puasa memiliki banyak manfaat untuk segala macam permasalahan baik secara lahiriyah maupun bathiniyah. Salah satu contoh lahiriyah yaitu penyakit diabetes.

Hal ini terungkap dari disuksi daring yang digelar Dompet Dhuafa bersama Ns.Sifing Lestari dan dr. Felicia Deasy Irwanto Sp.GK.,M.Gizi., MM yang dapat diakses melalui akun instagram @dompetdhuafaorg, Rabu (21/4/2021).

Diskusi tersebut mengambil tema “Kiat-Kiat Puasa untuk Penderita Diabetes.”

Sifing Lestari membuka pembicaraan dengan pemaparan data-data dan fakta yang harus menjadi alarm bagi masyarakat Indonesia terkait diabetes.

Dikatakan, penderita diabetes setiap tahunnya naik 6,2%. Penderita diabetes tidak hanya dialami oleh orang-orang dewasa saja, melainkan juga oleh remaja dan anak muda.

Bahkan, Indonesia sudah menempati peringkat ke-7 di dunia sebagai penderita diabetes tertinggi berdasarkan lembaga International Diabetes Foundation (IDF). Diabetes juga merupakan salah satu faktor terjadinya hipertensi.

Baca juga  4 Kalapas di Kabupaten Bogor Deklarasi Janji Kinerja 2021

Diabetes sendiri diakibatkan oleh kadar gula darah yang tinggi di atas 200 mg/dL. Penderita diabetes umumnya terbagi menjadi dua tipe.

Tipe satu diakibatkan oleh faktor genetik, sementara tipe dua dialami oleh gangguan resistensi insulin.

Diabetes dialami karena beberapa faktor yaitu pola hidup tidak sehat. Seperti pada pola makan seperti jarang mengkonsumsi sayur dan buah, mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebih. Selain pola makan, pola olahraga yang tidak teratur (jarang) juga menjadi penyebab terjadinya diabetes.

Bagi dr.Felicia Deasy Irwanto Sp.GK.,M.Gizi., MM, penderita diabetes ini memiliki dua fase yang masyarakat biasa sebut sebagai diabetes basah dan diabetes kering. Di dunia medis kedua hal ini dikenal sebaga Diabetes Melitus (DM) Satu, dan DM dua.

Akibat diabetes dapat menimbulkan gejala-gejala seperti:

1.Mudah haus

Baca juga  82 Hotel dan Resto di Kota Bogor Akan Terima Dana Hibah Pariwisata

2.Mudah lapar

3.Sering buang air kecil

4.Berat badan turun

5.Mudah lelah

6.Penglihatan terganggu

“Bagi penderita diabetes kronis, seperti memiliki gejala hipoglikemia yang dapat mengancam nyawa, disarankan untuk tidak berpuasa dan membawa persediaan makanan manis seperti permen apabila mulai muncul gejala.” Ujar dr.Felicia Deasy Irwanto Sp.GK.,M.Gizi., MM.

Dalam paparannya, dr. Felicia Deasy Irwanto menjelaskan bahwa penderita diabetes harus mampu menyeimbangkan pola makan dan pola olahraga. Jangan sampai kegiatan olahraga hanya untuk gali lobang tutup lobang akibat pola makan yang berlebihan.

Bagi penderita diabetes, dan masyarakat disarankan pada saat berbuka puasa tidak mengonsumsi makanan dengan kadar gula darah terlalu banyak.

Selama berpuasa tetap menjaga pola makan dan pola aktivitas meskipun pandemi melanda.

Puasa bagi penderita diabetes tidaklah berbahaya, melainkan memberikan kebermanfaatan bagi orang-orang yang terjangkit diabetes.

Baca juga  PPKM Mikro di Kabupaten Bogor: Positif 58, Sembuh 50, Positif Aktif Naik Tipis, 769 Orang

Selama puasa, banyak manfaat yang dapat diambil bagi penderita diabetes antara lain:

1.Meningkatkan daya tahan tubuh

2.Menahan makan yang berujung pada memperbaiki pola makan yang buruk

3.Mengatur kadar gula darah

Selain pola makan yang perlu diatur, mengkonsumsi air mineral yang cukup sangat dianjurkan untuk menjaga tenaga selama puasa.

Penderita diabetes selama berpuasa tidak perlu khawatir, karena dengan berpuasa perlahan-lahan pola makan, gaya hidup, dan hal lainnya yang berkaitan dengan diabetes menjadi satu dari banyak cara untuk mengatasi permasalahan diabetes.

Selama berpuasa juga, dr. Felicia Deasy Irwanto menyarankan untuk mengganti makanan yang memiliki kadar lemak tinggi agar tidak terjadi lonjakan kadar gula darah.

Makanan-makanan seperti kurma, roti gandum, oatmeal, serta makanan lain yang mengandung serat tinggi sangat disarankan sebagai menu untuk berbuka puasa. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top