Kab. Bogor

Kesbangpol Bogor Gencar Sosialisasi Pendidikan Politik ke Pemilih Pemula

kesbangpol kabupaten bogor
Kesbangpol Kabupaten Bogor

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –  Kesbangpol Kabupaten Bogor sedang gencar menyosialisasikan pendidikan politik bagi masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya bagi pemilih pemula yaitu para pelajar, pemuda dan bagi organisasi masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor, Supendi SE MA dalam Program Bicara dari Bogor di Radio Tegar Beriman 95,3 FM Diskominfo Kabupaten Bogor.

“Saat ini kami sedang gencar melakukan sosialisasi, memberikan pengalaman, kecerdasan serta pemahaman politik dan demokrasi. Dengan tujuan untuk berkontribusi dalam pembangunan di bidang politik serta menyatukan visi misi dan program Pancakarsa dalam kerangka berfikir bahwa pentingnya pendidikan politik dan demokrasi bagi pemilih pemula khususnya pelajar, pemuda dan setiap warga masyarakat,” kata Supendi, Rabu (22/6/2022).

Baca juga  Wakil Rakyat Kabupaten Bogor "Plesiran" ke Bali, untuk Kepentingan Siapa ?

Supendi juga menjabarkan tujuan dari sosialisasi politik ini untuk meningkatkan partisipasi dan keikutsertaan masyarakat dalam Pemilu, Pilkada, Pileg khususnya bagi pemilih pemula yang sudah memenuhi syarat hak pilih. Selain itu, untuk mempertajam ketanggapan pelajar terhadap isi-isu politik dan perkembangan demokrasi yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta untuk mendorong kelembagaan demokrasi yang kokoh dan menjadikan pelajar/generasi muda semakin terdidik dalam menjaga dan mengembangkan sistem demokrasi.

“Pendidikan politik harus diberikan sejak dini sebagai caracter building politism atau pembinaan karakter jiwa nasionalisme. Kami berharap partisipasi masyarakat kedepan terus meningkat,” ujar Supendi.

Sebagai informasi, dari 45 SMAN Kabupaten Bogor yang sudah mengikuti kegiatan pendidikan politik dan demokrasi bagi pemilih pemula baru 20 SMAN dengan jumlah 800 siswa di tahun 2022. Sedangkan target tahun 2022 sebanyak 1.000 siswa.

Baca juga  Dua Atlet Lanut Atang Sendjaja Ukir Prestasi di KASAU CUP 2019

“Kami akan melaksanakan pula kegiatan serupa pada sekolah negeri dan swasta lainnya yang belum mendapatkan pendidikan politik. Selain pelajar, Kesbangpol Kabupaten Bogor juga sudah melaksanakan pendidikan politik bagi organisasi masyarakat seperti PKU, ANSOR, AMS, GOW, KARANG TARUNA, PURNA PASKIBRAKA, AMK dan AMPI,” jelasnya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bogor khususnya pelajar, pemuda dan semua generasi untuk membantu menyukseskan pemilu, pilkada maupun pileg kedepan. Mari berpartisipasi dalam politik dan jadilah pemilih yang cerdas,” tutup Subendi. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top