Manan Tampubolon

Kampung Kramat Pusat Pembibitan dan Pengolahan Jahe Merah di Panaragan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Warga Kampung Kramat yang terletak di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah rutin melakukan budidaya jahe merah mulai dari pembibitan hingga pengolahan.

Hal itu diungkapkan Lurah Panaragan, Manan Tampubolon, menurutnya sejak tahun 2018 warga di sana sudah bekerjasama dengan berbagai komunitas untuk melakukan budidaya jahe merah.

“Di RW 01 Kampung Kramat itu dari akhir tahun 2018 sudah bekerjasama dengan berbagai macam komunitas seperti komunitas Sabtu (sinergi sahabat bersatu), mereka setiap hari Sabtu melakukan bebagai macam kegiatan di Kampung Kramat mulai dari kegiatan budidaya tanaman, penghijauan sekitar sungai sampai pemberdayaan ekonomi kampung,” ucap Manan saat ditemui di Kantor Kelurahan Panaragan, Senin (13/7/2020).

Selain di bantaran sungai, lanjut Manan pembibitan jahe merah juga dilakukan oleh warga Kampung Kramat di rumah mereka.

“Budidaya jahe merah waktu itu masuk program dari pemerintah, padahal sebetulnya di Kampung Kramat sudah mulai di beberapa rumah di 3 RT sudah tanam jahe merah,” terangnya.

Manan mengatakan, dua tahun terakhir warga di kampung kramat rutin mulai pembibitan jahe merah dan sekarang warga sudah mempunyai pembibitan jahe merah sendiri, jadi mereka sekarang tidak membeli lagi bibit, bahkan jahe merah tersebut diolah sendiri menjadi minuman seperti sirup dan bir kocok.

“Ini produk dari dua RT yaitu RT 1 dan RT 3. Untuk pemasarannya sementara masih by order. Olahan jahe merah ini juga sering kita ikut sertakan di berbagai kegiatan seperti musrembang dan kegiatan PKK. Memang produk Warga Kampung Kramat ini belum naik level menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM) karena ini masih usaha rumahan dari pengurus RT,” tutup Manan. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *