Kab. Bogor

Kabupaten Bogor Siap Gelar Pemilu 2024

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Jelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor lakukan serah terima Kirab Pemilu Tahun 2024 Jalur II dengan tema “Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa” dalam rangka melaksanakan rangkaian menyambut Pemilu 2024 di Lapangan Tegar Beriman, Senin (13/11/2023). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat hingga para pemilih milenial dalam kegiatan Pemilu 2024 mendatang.

Kirab Pemilu dilepas langsung oleh Bupati Bogor, Forkopimda, Ketua KPU Jawa Barat, Plt. Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ketua KPU Kota Bogor. Kirab Pemilu Kabupaten Bogor berasal dari Kirab Kota Bogor yang akan diteruskan ke Kota Depok.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan dengan adanya kirab ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor sudah siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2024.

“Inti dari acara ini membuktikan bahwa kita beserta masyarakat, panitia, pengawas, sudah siap untuk melaksanakan kegiatan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari tahun 2024,” ujar Iwan.

Iwan menegaskan, bahwa melalui Kirab Pemilu 2024 bisa menjadi sarana sosialisasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam Pemilu.

“Kirab Pemilu akan dilaksanakan 7 hari tujuannya untuk mensosialisasikan dan membuat riang gembira, dan mudah-mudahan dari sosialisasi kirab ini tingkat kehadiran peserta partisipasi masyarakat ke Pemilu itu naik bisa diangka 90 persen, kondusif, aman dan lancar,” terang Bupati Bogor

Baca juga  UPDATE Corona Kabupaten Bogor 25 Juli: 9 Positif, 5 Sembuh, 1 Meninggal, Rumpin Zona Hijau

Menurut Iwan Setiawan bahwa, Kirab Pemilu 2024 ini sarana sosialisasi pertama pelaksanaan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, kedua mengenalkan peserta Pemilu termasuk mengenalkan capres dan cawapres sehingga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa menerima dengan gembira, tidak pecah belah, nyaman tidak ada gesekan-gesekan. Karena pesta demokrasi adalah kegiatan rutin 5 tahunan bukan kegiatan baru, masyarakat juga sudah dewasa sudah bisa menentukan dan menghindari yang namanya provokasi dan juga bisa meredam kegaduhan serta hal-hal yang tidak diinginkan di pesta demokrasi 2024 ini,” tutur Iwan Setiawan.

Perlu diketahui Kirab Pemilu di Kabupaten Bogor ini akan dilakukan selama 1 pekan di lima titik wilayah yang mempresentasikan dapil, ada dapil I, II, III, IV dan VI. Jadi ini mewakili semua segmentasi, kami fokuskan kirab pemilu 2024 ini untuk segmentasi pemilih milenial. Pertama segmentasi mahasiswa, kedua pesantren atau santri, ketiga pemilih pemula di SMA,

Baca juga  Pengamat Politik: Bogor Leaders Talks Kreatif dan Inovatif

Kemudian berikutnya adalah pasar, pemilih umum di pedagang dan pengunjung pasar kami lakukan sosialisasi. Pada hari Minggu (18/11/23) Kirab Pemilu akan diserahkan ke KPU Kota Depok, untuk dilakukan kirab serupa di Kota Depok.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni menyampaikan, Jabar adalah jumlah terbesar Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 12 persennya ada di Kabupaten Bogor. Artinya suksesnya Jawa Barat adalah satu perjalanan sukses di Kabupaten Bogor.

Katanya Kirab Pemilu hari ini dilaksanakan di tiga titik yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi menerima rekan kirab dari Karawang, kemudian titik ketiga ada di Subang menerima kirab dari Purwakarta. Kirab Pemilu akan dilaksanakan selama 7 hari di Kabupaten Bogor akan melanjutkan memberikan estafet ke Kota Depok dan menjadi titik akhir di Jakarta.

“Kami berharap perjalan Kirab Pemilu disini menjadi sebuah semangat bersama untuk kita. Juga sebagai sarana untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota masing-masing. Kami juga mengucapkan terima kasih atas atensi yang luar biasa, dari Pemda Kabupaten Bogor yang sudah memberikan atensi pada teman-teman PPK. Terimakasih kepada Bupati Bogor dan rekan rekan Camat se-Kabupaten Bogor atas atensi yang luar biasa,” jelas Ummi.

Baca juga  Tokoh Muda Berliana Rizki Aprili Mantap Nyaleg DPRD Kabupaten Bogor dari PDIP

Selanjutnya, Plt. Ketua KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan menerangkan, Kirab Pemilu adalah kegiatan yang bersifat nasional dari KPU RI dimulai sejak gong Pemilu dilakukan pada 14 Juni 2022 dimulai dari ujung barat Indonesia dan ujung timur Indonesia dengan berbagai macam titik awal dan hari ini sudah tiba di KPU Kabupaten Bogor nanti akan berakhir di KPU RI di Jakarta sebelum tanggal 28 November 2023.

Karena katanya, pada 28 November 2023 adalah sudah memasuki tahap awal masa kampanye Pemilu 2024 dimulai secara resmi antara parpol, peserta pemilu, capres-cawapres, calon DPD dan kontestan para legislatif.

“Kirab Pemilu ini adalah upaya kami untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mencegah golput. Sehingga dapat mengoptimalkan sosialisasi di berbagai segmentasi khususnya di kalangan milenial sehingga akan tumbuh kesadaran untuk memilih secara rasional, kritis berdasarkan visi misi program para peserta Pemilu, sehingga angka golput dapat berkurang,” Herry mengakhiri.

Turut hadir memeriahkan Kirab Pemilu tahun 2024 yakni, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Kapolres Depok, Ketua KPU Kota Bogor, Ketua Bawaslu Kota dan Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah dan seluruh jajaran, dan para Ketua Partai Politik Kabupaten Bogor.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top