Kota Bogor

JMI Bogor Raya Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon di Bantaran Ciliwung

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya tebar benih ikan di sungai Ciliwung tepatnya di RW 05, Ceremai Ujung, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (9/1/2022).

Selain tebar benih ikan, JMI Bogor Raya juga melakukan aksi sosial dengan memberikan santunan kepada anak yatim, memberikan penghargaan kepada tokoh lingkungan, Abah Muhammad Yusuf dan melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Ciliwung.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat menghadiri kegiatan tersebut mengaku senang dengan JMI yang selalu peduli terhadap pelestarian lingkungan.

“Hari ini kita menebarkan benih ikan nila, penanaman pohon, kemudian juga memberikan penghargaan kepada salah satu warga yang peduli lingkungan yang selalu membersihkan sampah setiap hari sejak 2011. Jadi hal hal seperti ini harus dikumandangkan dan disosialisasikan kepada masyarakat yang lain,” ucap Dedie.

Baca juga  KNPI Kota Bogor Siap Kolaborasi dengan PGK

Mantan pejabat di KPK itu berharap, kegiatan JMI Bogor Raya ini dapat diikuti oleh organisasi-organisasi lain. “Mudah-mudahan dengan kepedulian teman teman JMI akan diikuti oleh jurnalis yang lain bahkan tadi artis aktor kemudian pegiat yang lain,” katanya.

Dedie mengungkapkan pemerintah Kota Bogor saat ini sedang fokus melaksanakan kepedulian terhadap sungai Ciliwung, ada 13 kelurahan bersentuhan langsung dengan sungai Ciliwung yang kita intervensi dengan program pembuatan septik tang komunal.

“Jadi masyarakat tidak boleh lagi membuang sampah termasuk juga membuang hajat ke sungai. Nah program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus peduli terhadap lingkungan sungai Ciliwung di tengah tengah kota Bogor,” ujarnya

Baca juga  KWT Sempurna Siap Ikuti Penilaian Kedua Lomba Tanaman Herbal Bejo

Penasihat JMI Dr. Pratama Persada mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan untuk lingkungan, JMI Bogor Raya ini tidak bisa bergerak sendiri dalam melestarikan lingkungan.

“Jadi harus melibatkan stakeholder yang ada di Bogor raya seperti pemerintah kota/kabupaten, komunitas mancing, komunitas lingkungan dan lain lain. Jadi lingkungan kita bisa bagus dan bersih kalau kita berkolaborasi, oleh karena itu kegiatan ini bukti bahwa kita berkolaborasi untuk bogor raya yang lebih baik,” ungkap pakar keamanan siber itu.

Di tempat yang sama Ketua JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa menuturkan aksi penanaman pohon, tebar benih ikan dan donasi pendidikan yang terselenggara hari ini adalah bagian dari program susur sungai dari JMI Bogor Raya.

Baca juga  Permudah Pembayaran Penghuni, UPTD Rusunawa Launching Aplikasi Sipacar

“Dalam program ini kami akan melaksanakan di 8 titik lainnya. Bogor ini ada dua sungai besar yaitu sungai Ciliwung dan Cisadane, kegiatan ini akan kita lakukan secara masif untuk penyelamatan biota ikan air tawar,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top