Jembatan penghubung antara kampung yang berada Kampung Cibodas Lebak RT 01 RW 01, Desa Cibodas Kecamatan Rumpin amblas akibat hujan deras. Jembatan ini juga diduga telah lapuk dimakan usia.

Jembatan Penghubung antar Kampung di Rumpin Amblas

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Sebuah jembatan penghubung antara dua kampung di Desa Cibodas Kecamatan Rumpin ambruk, pada hari Minggu (1/3/2020). Jembatan yang melintang di atas Kali Cibodas, tepatnya di Kampung Cibodas Lebak RT 01 RW 01, Desa Cibodas Kecamatan Rumpin tersebut amblas sekitar pukul 24.00 WIB.

Keterangan yang dikumpulkan awak media ini, akibat ambruknya jembatan tersebut, aktivitas warga sekitar terhambat. Warga pun terpaksa harus memutar arah melalui jalan kampung lainnya. Jembatan dengan panjang 11 meter dan lebar 5 meter ini, terakhir dibangun pada 1996 silam. “Selain karena curah hujan deras, ambruknya jembatan ini juga akibat lapuk di makan usia,” ujar Kurtubi (45) seorang warga kepada wartawan, Senin (2/3/2020).

Dia menambahkan, jembatan tersebut ambruk secara tiba – tiba. Bahkan sebelum kejadian sempat ada kendaraan lewat. “Hujan derasnya pada hari Minggu siang. Malamnya jembatan tersebut ambruk,” imbuh Kurtubi. Pasca kejadian, aparatur Pemdes Cibodas dan Pemkec Rumpin mendatangi lokasi mendampingi Kapolsek Rumpin yang juga meninjau lokasi tersebut. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” ujar Kompol Asep Supriadi Kapolsek Rumpin.

Baca juga  Komunitas Peduli Ciliwung : Pemkab Bogor Harus Fasilitasi Masyarakat yang Ingin Buang Sampah

Sementara staf Desa Cibodas, Hendy Alviano menjelaskan, jembatan yang putus tersebut merupakan akses penghubung utama ke Kampung Cibodas Lebak.

Dia membenarkan, jika jembatan yang ambruk itu terakhir dibangun pada tahun 1996 dan hingga saat ini belum pernah direhab. “Pemdes Cibodas sudah berkoordinasi dengan Kecamatan Rumpin dan Pemkab Bogor untuk menangani musibah ini,” kata Hendy Alviano.

Sedangkan Nurul Ahyar, Staf Seksi Ekbang Kecamatan Rumpin yang juga datang ke lokasi mengatakan, saat ini pihak UPT Jalan dan Jembatan wilayah Leuwiliang akan segera menangani musibah jembatan ambruk tersebut. “Kami sudah cek lokasi, bersama pihak UPT Jalan dan Jembatan. Peristiwa ini pun sudah kita sampaikan ke Pemkab Bogor untuk ditindak lanjuti,” pungkasnya.[] Fahry



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *