Kab. Bogor

CSR Eco Pounding Bank Sinarmas di Taman Bacaan, Cara Beda Peringati HUT Kemerdekaan RI

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI – Tempatkanlah peduli di depan, jangan sisihkan ke belakang. Karena itu, kepedulian membutuhkan aksi nyata, bukan hanya narasi atau diskusi.

Aksi nyata kepedulian itulah yang diwujudkan Bank Sinarmas melalui kegiatan CSR “Eco Pounding dan Edukasi Literasi Finansial” di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor (20/8/2023). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan HUT ke-678 Republik Indonesia, di samping kampanye inklusi keuangan akan pentingnya bijak mengelola uang.

Diikuti 81 anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka, Bank Sinarmas menggelar aktivitas sosial seperti 1) membuat eco pounding dari tas bermotif daun yang diinisiasi oleh Bank Sinarmas Crafters Society, 2) edukasi literasi finansial “bijak kelola uang” oleh Corporate Secretary, dan 3) menyerahkan donasi hadiah lomba HUT ke-78 RI. Ikut hadir dalam kegiatan ini Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka bersama 12 relawannya.

“Selain memperingati HUT ke-78 RI, aksi CSR Bank Sinarmas di TBM Lentera Pustaka bertujuan untuk memacu kreativitas anak dalam eco pounding, di samping edukasi literasi finansial akan pentingnya bijak kelola uang sejak dini. Sebagai bagian tanggung jawab sosial, Bank Sinarmas sangat peduli gerakan literasi dan aktivitas taman bacaan di Indonesia” ujar Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas didampingi tim, Epul Saepullah dan Carlos.

Baca juga  Rapid Test Di Kediaman Abah Surya, Hasilnya Semua Non-reaktif Covid-19

Semarak eco pounding CSR Bank Sinarmas disambut antusias anak-anak dan warga taman bacaan. Dimentori oleh Edita, Afira, Dede serta tim Bank Sinarmas lainnya, aktivitas CSR eco pounding dan edukasi literasi finansial ini diharapkan dapat memacu kreativitas anak-anak pembaca aktif. Di samping dapat memotivasi akan pentingnya membaca buku di taman bacaan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Karena di era digital seperti sekarang, kemampuan antisipasi terhadap keadaan dan kreativitas menjadi penting untuk ditingkatkan. Dan salah satunya bisa dilakukan melalui tradisi baca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat seperti yang terjadi di TBM Lentera Pustaka. Hal ini sekaligus menjadi cerminan Bank Sinarmas dalam memperkuat gerakan literasi di Indonesia.

Baca juga  Kemenkumkam Beri Atensi Dugaan Pelanggaran HAM di Sungai Cileungsi

Seperti diketahui, Bank Sinarmas berhasil meraih penghargaan dari IDX Channel untuk kategori “Sosial Development Initiatives” atas program “Peduli Gerakan Literasi dan Taman Bacaan” pada tahun 2022 lalu.

“Atas nama TBM Lentera Pustaka, saya apresiasi dan terima kasih kepada Bank Sinarmas karena telah membina taman bacaan ini untuk menekan angka putus sekolah dan memberantas buta askara yang masih ada di masyarakat. Agar anak-anak Indonesia tetap mau membaca buku, bukan hanya bermain gawai. Ini kolaborasi keren Bank Sinarmas dan TBM Lentera Pustaka” kata Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka saat menerima tim Bank Sinarmas.

Sebagai taman bacaan binaan Bank Sinarmas, saat ini TBM Lentera Pustaka menjalankan 15 program literasi dari awalnya hanya 1 program saja, seperti 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb), 13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling), 14) Rooftop Baca, dan 15) melek Al Quran. Tidak kurang 200 orang menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya yang didukung 12 relawan.

Baca juga  Agenda Pemerintah Kabupaten Bogor Kamis 27 Mei 2021

Aksi CSR Bank Sinarmas menjadi bukti kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan. Karena di situ, kita dapat “menapaki jalan gelap menjadi lebih terang. Tentu, dengan bersama-sama dalam nuansa kepedulian”. Hadirnya Bank Sinarmas di TBM Lentera Pustaka menjadi bukti adanya kolaborasi antara korporasi dan taman bacaan. Di samping menjadi dukungan korporasi terhadap gerakan literasi masyarakat. Agar tetap terjaga kegiatan membaca di era digital. Salam literasi.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top