Kota Bogor

Bima Berharap Industri Ikan Koi Kota Bogor Dikenal Dunia

Lomba Ikan Koi

BOGOR-KITA.com – Ratusan pecinta ikan koi se-Indonesia mengikuti kontes koi Walikota Cup di BNR Jungle Nirwana Kota Bogor  yang diselenggarakan Bogor Nishikigoi Club (BNC) dan Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI), Sabtu (13/6/2015).

Ketua Club Koi BNC, Alfie Raditya mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan untuk meningkatkan ekonomi dan mengembangkan kualitas koi lokal agar bisa bersaing dengan koi impor seperti dari Jepang.

"Tetapi yang paling utama, kegiatan merupakan ajang bertukar pikiran tentang metode pembudidayaan ikan hias yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi ini," kata dia.

Kabid Perikanan Pemkot Boor, Soni gumilar menjelaskan Kontes Koi Nasional memperebutkan piala Walikota Bogor ini mengambil tema Bogoh ka Bogor karena masih dalam rangka Hari jadi Bogor ke-533.

Baca juga  Bima Arya Ajak Mahasiswa Keliling Kampung Sosialisasi Protokol Kesehatan

“Acaranya masih berlangsung sampai Minggu 14 juni 2015,” katanya.

Soni menambahkan, juri kontes berasal dari komunitas koi terkenal, sehingga penilaiannya objektif. Adapun koi yang dikonteskan adalah Kohaku, Hikarimoyo Mono, Bekko, Taiso Sashoku, Sowa, Utsuri, Tanco, Shusui, Koromo, Hikari Muji/Moyo, Doitsu, Kawari Mono. Ukurannya beragam, mulai 5 cm sampai best in size. Unsur yang dinilai meliputi kondisi tubuh, warna, dan agresifitas.

Walikota Bogor, Bima Arya yang hadir membuka lomba, mengatakan, hobi terhadap ikan koi itu positip, karena hobi ini mengajarkan kita untuk tidak egois, mengingat ikan ini, sejak kecil, ketika harganya murah, sampai besar dengan harga mencapai puluhan hingga ratusan juta, warnanya tetap tak berubah.

Baca juga  Trekking di Kota Bogor, Bima Sebut Luna Maya Juga Suka Makan Jengkol

Ia menambahkan mudah-mudahan lomba koi ini bisa digelar sampai ke tingkat Jawa Barat, kalau bisa sampai tingkat Eropa. “Mudah-mudahan lomba ini menjadikan  industri ikan koi lebih dikenal di Kota Bogor dan seluruh dunia," pungkas Bima. [] Yuda.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top