Kab. Bogor

Upaya Mengatasi Masalah Kehamilan dengan Inovasi Rabu Perbal di Puskesmas Citapen

BOGOR-KITA.com, CIAWI – Berbagai macam jenis olahraga tubuh bagi ibu hamil yang paling sesuai dan cocok adalah senam ibu hamil. Jenis olahraga ini akan disesuaikan dengan perubahan bentuk fisik pada tubuh seperti halnya perubahan organ genital, posisi perut yang semakin membesar, dan perubahan yang lainnya. Sehingga dengan melakukan senam untuk ibu yang sedang hamil ini, seorang ibu yang hamil akan bisa menjaga kesehatan pada tubuh serta janin yang ada di kandungannya secara optimal.

Berbagai macam gerakan senam hamil ini akan melatih gerakan dalam mempersiapkan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Salah satu gerakan senam hamil yaitu Pelvic Rocking. Gerakan ini merupakan bagian dari senam hamil dengan cara menggoyangkan panggul kesisi depan, belakang, kiri, kanan, dan memutar. Pada prinsipnya goyangan ini dilakukan untuk menyehatkan, membugarkan, serta mengurangi keluhan selama kehamilan,sehingga bunda lebih siap secara fisik dan psikis saat melahirkan.

Baca juga  Puskesmas Citapen Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Masyarakat Dengan Inovasi SEKAPUR

Mengingat pentingnya senam hamil bagi ibu hamil, Puskesmas Citapen memperkenalkan inovasi RABU PERBAL (RelAksasi Ibu Hamil melalui Pelvic Rocking dengan gym BALL) pada Juni 2020 untuk mengatasi berbagai keluhan sakit punggung dan pinggul, terutama pada ibu hamil yang sudah memasuki trimester III.

“Manfaat lain dari goyangan pelvic rocking ini diantaranya adalah meningkatkan aliran darah ke rahim sampai dengan ke bayi; menyamankan lutut dan pergelangan kaki; mendorong turunnya kepala bayi; serta panggul menjadi lebih rileks,”ujar dr. Novita Ridha Amelia, Kepala Puskesmas Citapen.

Selain fokus pada senam hamil, melalui inovasi ini juga menyediakan  makanan tambahan sebagai tambahan nutrisi bagi ibu. Melalui Rabu Perbal diharapkan ibu hamil dapat mempersiapkan kondisi fisiknya dengan menjaga kondisi otot-otot dan persendian yang berperan dalam proses persalinan, serta mempersiapkan kondisi psikis terutama menumbuhkan kepercayaan diri dalam menghadapi persalinan.[]

Baca juga  Puskesmas Citapen Tingkatkan Tracing dan Kesembuhan Kasus TB dan HIV Melalui Inovasi GEMAR BERTASBIH
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top