Kab. Bogor

UMBARA Tunjang Kualitas SDM Calon DOB Bogor Barat

Aep Saepudin Muhtar

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Akademisi Universitas Djuanda, Aep Saepudin Muhtar menilai kahadiran Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) yang berlokasi di Leuwiliang akan menunjang kualitas sumber daya manusia di wilayah calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Barat, Jawa Barat.

“Adanya Universitas Muhammadiyah Bogor Raya ini diharapkan bisa memberikan sumbangan besar untuk peningkatan Sumber daya manusia di Bogor Barat,” kata pria yang akrab disapa Gus Udin dalam keterangan tertulis diterima Sabtu (21/1/2023).

Ia berharap, UMBARA menjadi pioner pergerakan intelektual di wilayah barat Kabupaten Bogor. Karena menurutnya SDM di wilayah tersebut perlu ditingkatkan kualitasnya untuk persiapan pemekaran.

“Pemekaran Bogor Barat harus diimbangi dengan kualitas SDM yang mumpuni. Sehingga, saat mekar, Bogor Barat tidak perlu lama untuk menjadi daerah yang maju secara intelektual,” ujar Gus Udin yang juga merupakan anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis (TP2S) Kabupaten Bogor itu.

Baca juga  Warga Rumpin Butuh Angkutan Umum, Ini Penjelasan Dishub Kabupaten Bogor

Gus Udin menjelaskan, calon DOB Bogor Barat yang memiliki 14 kecamatan itu sudah mapan di beberapa sektor, namun dari segi pergerakan intelektual butuh penyempurnaan.

“Kabupaten Bogor Barat di 14 Kecamatan 146 desa yang akan mekar itu sudah cukup dalam pergerakan para pemuda dan mahasiswanya. Sehingga, adanya Universitas Muhammadiyah Bogor Raya ini bisa menambah menjadi sempurna dalam pergerakan intelektual,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir meresmikan perguruan tinggi baru di lingkup Muhammadiyah pada Rabu (18/1/2023). Kampus tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA).

UMBARA adalah universitas hasil dari gabungan Akademi Kebidanan (AKBID) Tri Dharma Husada Bandung dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bogor.

Baca juga  Bogor Challenge 11K Banjir Peserta

Rektor UMBARA, Edi Sukardi dalam sambutannya mengatakan bahwa Muhammadiyah sudah masuk ke Bogor Raya sejak sebelum kemerdekaan Indonesia.

Sejak awal Muhammadiyah hadir membawa pembaruan di berbagai bidang, lebih-lebih pendidikan hingga lahir STKIP Muhammadiyah Bogor yang saat ini merger dan menjadi Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA).

“Mudah-mudahan UMBARA menjadi induk dari segala kebaikan,” ucapnya dikutip dari laman resmi Muhammadiyah. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top