Tinjau Jalan Amblas Dandim 0617/ Majalengka Imbau Masyarakat Waspada Bencana

BOGOR-KITA.com, Kabupaten Majalengka – Bahu Jalan Raya Desa Pasirayu yang menghubungkan Pondok Pesantren (Ponpes) Asromo dengan Desa Ciomas, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, amblas, pada Sabtu (25/1/2020) malam.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah, pada saat meninjau langsung ke lokasi bencana alam tersebut menyatakan, kondisi bahu jalan yang amblas terjadi di Blok Kamis, Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, Majalengka, pada pukul 22.30 WIB.

“Amblasnya jalan tersebut, juga mengakibatkan adanya longsor yang menutupi saluran air atau drainase hingga mampet,” ungkap Dandim, Letkol Inf Harry, Minggu (26/1/2020).

Dandim menambahkan, bahu jalan yang ambles kurang lebih 10 meter dan yang mengalami retak-retak mencapai 70 meter. Untuk kenyamanan pengguna jalan yang dilalui agar tidak menginjak bahu jalan yang retak diberlakukan sistem buka tutup.

“Akibat peristiwa tersebut, untuk sementara jalan utama Desa Pasirayu menuju Ponpes Asromo dari Desa Ciomas, satu arah atau sistem buka tutup jalan,” ujarnya.

Dandim menjelaskan, musibah jalan amblas tersebut, diduga dikarenakan saluran air di bawah jalan utama tertutup timbunan longsor yang mengakibatkan air meluap dan jalan amblas.

Baca juga  Berinovasi dalam Pelayanan Publik, ASN Pemdaprov Jabar Diganjar Penghargaan

“Untuk sementara, kami memasang rambu-rambu di sekitar lokasi amblasan. Dengan begitu, masyarakat yang melintas dapat lebih hati-hati,” ujarnya.

Letkol Inf Harry mengatakan, kejadian amblas jalan di wilayahnya bukan baru pertama kali terjadi. Menurut dia, kondisi di daerah itu memang rawan bencana, khususnya longsor ketika musim hujan, karena termasuk wilayah zona bencana alam.

“Karena itu, saya mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada. Apalagi, saat ini mulai musim hujan,” himbaunya. [] Charles¬†



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *