Regional

Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik, PLN UPT Bogor Lakukan Pemeliharaan Gardu Induk Lembursitu

BOGOR-KITA.com, BOGOR – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bogor – ULTG Sukabumi menggelar kegiatan pemeliharaan rutin 2 tahunan pada Bay Trafo 4 di Gardu Induk 150 kV Lembursitu pada Rabu dan Kamis (18 dan 19/10) kemarin.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan keandalan pasokan listrik khususnya untuk wilayah Sukabumi.

Dalam kegiatan itu, PLN UPT Bogor menerjunkan sebanyak 14 personel gabungan yang terdiri dari tim pemeliharaan ULTG Sukabumi, tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serta pengawas K3.

Sebelum memulai pekerjaan, tim PLN melakukan safety briefing dan pemasangan safety line agar pekerjaan dilakukan sesuai dengan prosedur sehingga seluruh tahapannya dapat diselesaikan secara aman, selamat, dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Baca juga  Pengeluaran Lebih Hemat, Masyarakat Nikmati Kemudahan Pakai Kendaraan Listrik

“Pekerjaan diawali dengan pengalihan beban konsumen yang di suplay Trafo 4 Gardu Induk 150 kV Lembursitu, yang mana pelaksanaannya telah dikoordinasikan bersama dengan PLN UP3 Sukabumi dan UP2D Jawa Barat, sehingga manuver pembebasan tegangan Bay Trafo 4 Gardu Induk 150 kV Lembursitu tidak berdampak pada konsumen,” ucap Manager UPT Bogor, Made Gita Mardika dalam keterangan tertulisnya Selasa (24/10/2023).

Dalam kondisi ini Busbar masih dalam keadaan bertegangan, sehingga pemeliharaan PMS Busbar dilaksanakan oleh tim PDKB dengan cara melepas jumper konduktor pada busbar arah PMS Busbar baik Busbar A maupun Busbar B secara bergantian.

“Butuh pengawasan yang ekstra karena pekerjaan dilakukan tanpa padam listrik, pengawas pekerjaan dan pengawas K3 harus selalu memperhatikan semua personil yang bekerja,” terangnya.

Baca juga  PLN Bakal Periksa kWh Meter Pelanggan Prabayar di Jabar

“Serangkaian peliharaan bay Trafo 4 Gardu Induk 150 kV Lembursitu telah dilaksanakan selama 2 hari oleh Tim Pemeliharaan ULTG Sukabumi dan tim PDKB UPT Bogor dengan lancar, aman, dan selamat baik personil dan peralatan,” tambahnya.

Setelah pemeliharaan selesai selanjutnya Bay Trafo 4 Gardu Induk 150 kV Lembursitu dapat dioperasikan kembali secara normal untuk melistriki wilayah Sukabumi.

Ia memjelaskan, pekerjaan pemeliharaan ini dilaksanakan dengan tujuan agar peralatan selalu keadaan prima dan siap beroperasi tanpa kendala.

Lebih lanjut, Made menyampaikan bahwa peran trafo 4 GI Lembursitu memang cukup vital, mengingat trafo 4 menjadi penyuplai energi listrik ke wilayah Sukabumi.

“Keandalan trafo 4 GI Lembursitu berpengaruh langsung terhadap keandalan pasokan listrik kepada pelanggan di Kota Sukabumi dan Kabupate Sukabumi,” katanya.

Baca juga  Resmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi: Siap Digunakan untuk Ajang Kelas Dunia

Sementara, General Manager UIT JBT, Tejo Wihardiyono menuturkan keandalan pasokan listrik adalah komitmen PLN kepada pelanggan.

“Keandalan penyaluran pasokan listrik harus didukung oleh kondisi peralatan yang prima, sehingga kepuasan pelanggan terus meningkat seiring dengan kualitas pelayanan yang diberikan,” ungkap Tejo. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top