Kota Bogor

Taman Ekspresi di Lapangan Sempur Jadi Kawasan Resapan Air Alami

Bima bikin lubang biopori di Taman Ekspresi

BOGOR-KITA.com – Gerakan 5 juta lubang biopori di Kota Bogor terus bergulir. Kali ini Taman Ekspresi di Lapangan Sempur seluas 2500 meter yang baru dibangun menjadi sasarannya. Untuk kesekian kalinya pula Walikota dan Wakil Walikota Bogor bersama Ketua Gerakan Biopori Gatut Susanta melakukan aksi ini bikin lubang biopori, Sabtu (21/11/2015). Aksi itu diikuti sekitar 400 orang warga setempat, para siswa, unsur organisasi kepemudaan dan aparat Kecamatan Bogor Tengah.

Lubang Biopori sangat efektif menjadikan lahan sempit maupun luas sebagai area resapan air segaligus menyulap tanah menjadi lebih subur karena setelah dilubangi tanahnya langsung diisi dedaunan dan dalam jangka panjang berfungsi sebagai pupuk organik.

Baca juga  Pemkot Bogor Bangun Taman Ekspresi Tampung Aksi Corat-Coret

Teknologi sederhana lubang resapan biopori dengan kedalaman 100 sentimeter dan diameter 15 sentimeter dibuat berderetan mengikuti alur aliran air di halaman rumah, halaman kantor, dan taman.  Menurut penemu lubang biopori Kamir R Brata, pengajar Konservasi Tanah dan Air pada Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, selain untuk menyimpan air ke dalam tanah, juga memproduksi kompos di dalam lubang.

Lubang resapan biopori (LRB) merupakan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mempercepat peresapan air hujan dan mengatasi masalah sampah organik. Lubang resapan ini bermanfaat untuk mencegah banjir, longsor dan erosi, meningkatkan cadangan air bersih serta pembentukan kompos dan penyuburan tanah.

Baca juga  Konsep Baru Lapangan Sempur

Atas penemuannya itu Kamir mendapat penghargaan Kalpataru untuk kategori Pembina Lingkungan Hidup Berprestasi, tanggal 5 Juni 2015 lalu di Istana Bogor yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Walikota Bogor Bima Arya menjelaskan, sasaran gerakan LRB kali ini adalah Taman Ekspresi Sempur yang baru diresmikan minggu lalu dengan pertimbangan tanaman rumput dan pohon-pohon di dalam taman memerlukan pasokan air tanah yang cukup. "Disaat musim penghujan seperti sekarang adalah waktu yang tepat sehingga air hujan akan langsung tetampung ke dalam lubang yang diisi dedaunan dan sekaligus sebagai pupuk organik dalam jangka waktu yang cukup panjang. Dengan demikian Taman Ekspresi ini juga berfungsi sebagai area resapan air alami" pungkas Bima. [] Admin

Baca juga  Anggota Boper Peminat Skateboard Kota Bogor 500 Orang Lebih
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top