Kab. Bogor

Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak Ajak Anak Baca Buku di Masa Pandemi

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI – Bertepatan dengan peringatan 75 tahun Indonesia merdeka, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka menggelar kampanye “Ayo Baca ke TBM” dengan mengelilingi dua kampung yakni Tamansari dan Sukaluyu, pada Minggu, (23/8/2020). Tujuannya, untuk mengajak anak-anak usia sekolah untuk bergabung ke taman bacaan. Sebagai upaya mentradisikan kebiasaan membaca dan budaya literasi di kalangan anak-anak usia sekolah.

“Mau Pintar Baca di TBM” begitulah bunyi salah satu poster yang ditulis anak-anak TBM Lentera Pustaka. Tidak kurang dari 60 anak pembaca aktif, yang selama ini 3 kali seminggu membaca di taman bacaan membawa poster berupa ajakan untuk membaca. Kampanye “Ayo Baca di TBM” dilakukan dengan berjalan kaki keliling kampung dengan aksi diam (tidak bersuara). Sambil mengunjukkan poster dan buku bacaan. Harapannya, kampanye ayo baca ini dapat mengajak anak-anak lainnya agar mau ikut membaca di taman bacaan.

Baca juga  Jalankan 9 Program, TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Menuju Kampung Literasi

“Tiap 3 bulan sekali, TBM Lentera Pustaka menggelar kampanye ayo baca di TBM. Anak-anak kami jalan kaki keliling kampung, sambil bawa poster tulisan sendiri. Intinya mengajak anak-anak usia sekolah untuk ke taman bacaan, jangan hanya main. Apalagi di tengah wabah covid-19 dan belajar dari rumah. Ayo ke taman bacaan,” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor dalam keterangan tertulis kepada BOGOR-KITA.com, Kamis (27/8/2020).

Apalagi, kata Syarif, di tengah gempuran era digital dan makin maraknya anak-anak bermain ponsel, TBM Lentera Pustaka bertekad untuk terus membangun tradisi baca di kalangan anak-anak. Akrabkan anak-anak dengan buku bacaan. Karena itu, TBM Lentera Pustaka menerapkan “TBM Edutainment” sebagai cara pengembangan taman bacaan yang berbasis edukasi dan hiburan. Agar taman bacaan bisa jadi tempat yang asyik dan menyenangkan, bukan hanya tempat membaca.

Baca juga  Suarakan Praktik Baik Sekecil Apapun di Taman Bacaan

Oleh karena itu, kampanye “Ayo Baca di TBM” diharapkan bisa mengajak anak-anak dekat dengan buku bacaan, di samping menjadi taman bacaan sebagai tempat bergaul dan berkreasi sesama anak-anak usia sekolah. TBM Lentera Pustaka sebagai satu-satunya taman bacaan resmi di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor terus menggelar event bulanan dengan mendatangkan “tamu dari luar” setiap bulan, ada jajanan kampung gratis, laboratorium baca. Ada pula senam literasi, salam literasi, dan doa literasi. Mulai tahun 2020 ini, TBM Lentera Pustaka pun mulai mengajarkan anak-anak pembaca dengan aktivitas “belajar komputer” sebagai bagian pengenalan terhadap teknologi komputer di era digital.

Untuk diketahui, TBM Lentera Pustaka saat ini memiliki 60 anak pembaca aktif yang sudah terbiasa membaca 5-10 buku per minggu. Dengan koleksi 4.000 buku bacaan, anak-anak usia sekolah membaca secara rutin seminggu 3 kali. Berbekal motto #BacaBukanMaen, TBM Lentera Pustaka pun mengajak masyarakat untuk berkampanye dengan informasi yang positif. Tentang imbauan dan harapan ke depan yang lebih baik.  Dan yang paling penting, kampanye ayo baca di TBM menegaskan anak-anak itu tidak sendirian saat membaca. [] Hari

Baca juga  7 dari 10 Anak Tidak Membaca Buku, Bukti Pentingnya Akses Bacaan di Era Digital
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top