Kab. Bogor

Sudah Mampu Meraih Untung, PD Pasar Tohaga Bangun Kantor Baru

BOGOR-KITA.com – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga akan segera memiliki kantor pusat yang representatif di atas tanah seluas 2.900 meter persegi dengan bangunan dua lantai, di Jalan Raya Tegar Beriman, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Peletakan batu pertama pembangunan kantor tersebut dilakukan oleh  Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan Jumat (26/4/2019).

Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Romli Eko Wahyudi mengatakan, pembangunan kantor PD Pasar Tohaga ini tidak menggunakan APBD atau meminta penyertaan modal dari Pemkab Bogor.

Anggaran yang digunakan berasal dari bagi hasil antara perusahaan pelat merah Kabupaten Bogor itu dengan kontraktor yang mengerjakan revitalisasi Pasar Parungpanjang.

“Kalau ada revitalisasi pasar, bagi hasilnya selalu dalam bentuk uang, Rp2 miliar. Nah, daripada masuk ke operasional dan jadi keuntungan perusahaan, saya minta buatkan kantor saja dan setuju. Tapi desain dari saya,” katanya

Baca juga  Ade Yasin Kampanye Produktif, Makan Bakso Sambil “Belanja” Masalah Rakyat

Dia menjelaskan, saat ini PD Pasar Tohaga sudah mampu memenuhi kebutuhan operasionalnya sendiri. Pada 2018 lalu, dari target keuntungan Rp1,3 miliar, mereka mampu meraih Rp2,2 miliar.

“Makanya bagi hasil itu kita minta dibuatkan kantor. Karena kalau jadi keuntungan perusahaan harus disetor ke pemda mencapai 55 persen. Kalau mau bikin kantor musti penyertaan modal dulu,” katanya.

Dia menargetkan, dalam satu tahun bisa selesai dan menjadi aset milik PD Pasar.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengapresiasi langkah PD Pasar Tohaga ini. Dia berharap, capaian yang diraih Romli Eko Cs, bisa melecut Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lain yang masih jadi pesakitan.

“Seperti PT Sayaga Wisata dan PT Prayoga Pertambangan yang masih belum bisa mandiri. Ini harus melecut mereka supaya menjadi BUMD yang sehat dan tidak menjadi beban keuangan daerah,” tegasnya saat ikut meletakkan batu pertama kantor anyar PD Pasar Tohaga.

Baca juga  Sosialisasi Pembangunan Pasar Rakyat Parungpanjang

Wakil Bupati Iwan juga menaruh harapan besar kepada Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga agar mampu menjadi perusahaan yang memberikan keuntungan baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya Kantor PD Pasar Tohaga ini, kinerja pegawai bisa lebih profesional, dan bisa memberikan keuntungan bagi semua pihak,”tandasnya.  [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!