Respon Cepat Destana Bojonggede

BOGOR-KITA.com, BOJONGGEDE – Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, khususnya Desa Bojonggede termasuk salah satu daerah rawan bencana banjir. Kali Pesangrahan dan Kali Baru yang melintasi kawasan ini menjadi salah satu penyebabnya.

Atas dasar itu pula, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melakukan pembinaan kepada sejumlah warga yang tergabung dalam tim Desa Tangguh Becana (Destana).

Tim ini memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai garda terdepan dikala Desa Bojonggede terkena bencana. Seperti yang terjadi pada awal tahun 2020 lalu. Saat itu, kali Pesanggrahan meluap dan hampir menyebabkan longsor.

“Tim Destana langsung melakukan sejumlah tindakan. Selain melakukan assesment juga melakukan koordinasi dengan sejumlah perangkat desa serta BPBD untuk langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil,” papar Ketua Desa Siaga Desa Bojonggede, Lismatrisa Adzes, Selasa (7/1/2020).

Lebih lanjut dikatakannya, kondisi geografi Bojonggede yang berada di bawah dua kali tersebut membuat tim ini memang harus bekerja secara cepat dan terpadu.

“Respon cepat begitu ada laporan masyarakat. Intinya kita bekerja tak hanya setelah terjadi bencana tapi juga upaya pencegahan dan penanggulangan untuk meminimalisir akibat bencana,” paparnya. [] Fauzan



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *