Kota Bogor

PWI Kota Bogor Gelar Bogor Summit Attack

BOGOR-KITA.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor mengadakan trip tiga gunung. Kegiatan yang diberi nama Bogor Summit Attack 2019 (BSA) ini digelar sebagai rangkaian Hari Pers Nasional 2019 PWI Kota Bogor sudah dimulai sejak 13 April 2019.

Kegiatan dimulai dengan melaksanakan trip ke puncak batu roti, gunung kapur, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Selanjutnya perjalanan dilakukan dengan melakukan cek lokasi ke pos pendakian Salak I di Pasir Reungit Kabuapaten Bogor.

Rencanannya dua pendakian berikutnya pun akan diikuti oleh peserta dari masyarakat umum dan mahasiswa serta organisasi kepemudaan.

Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti mengatakan, profesi jurnalistik merupakan profesi yang menuntut menguasai berbagai bidang maka dari itu kegiatan BSA 2019 sangat menarik.

Baca juga  Ini Pejuang di Masa Pandemi Dapat Penghargaan dari PWI Kota Bogor

“Jurnalistik itu harus bisa di segala bidang dan medan, salah satunya di alam terbuka, di hutan terutama, karena memang Bogor ini dikelilingi oleh pegunungan dan bukit yang pasti di dalamnya terdapat hutan, nah ketika kita sudah mengetahui medan kita akan tahu dan terbiasa,” katanya, Minggu (14/4/2019).

Selain itu dalam kegiatan tersebut diberikan beberapa materi kepada peserta. “kita juga memberikan pengetahuan tentang survival dan leadership yang akan dikaitkan dalam manajemen baik dalam diri sendiri ataupun kelompok dan juga ada panorama yang akan meningkatkan skill pengambilan foto dan sosialisasi yang akan diberikan oleh pengelola taman nasional. Intinya kita ingin out of the box, ini adalah rangkaian Hari Pers Nasional dan baru bisa terlaksana karena terkendala penutupan jalur sejak awal Februari sampai akhir Maret sehingga baru bisa terlaksana di April,” ujarnya.

Baca juga  Target PWI Kota Bogor: Tingkatkan Kesejahteraan dan Kapasitas Wartawan

Tak hanya itu, kegiatan itu juga memiliki tujuan dan manfaat untuk meningkatkan membantu mempromosikan wisata di wilayah Kabupaten Bogor.

Terkait dilibatkannya mahasiswa dan masyarakat karena di masa muda para mahasiswa sedang mecari jati diri dan perlu diarahkan ke hal yang positif.

“Kenapa wartawan dan mahasiswa, karena mahasiswa kaum milenial yang tentunya sedang mencari jati diri dan menyukai hal yang menantang yaitu mendaki gunung. Mereka juga capable untuk menjadi seorang jurnalis tapi melalui medsos maka kita memberikan pengetahuan panorama,” ucapnya.

Beberapa kegiatan yang digaungkan dalam trip tiga gunung tersebut adalah no plastik di gunung.

“Yang pasti kita PWI Kota Bogor akan terus mencampaign no plastic di gunung, meminimalisir sampah plastik di gunung, bagaimana cara kita melestarikan gungung, ini kan agenda baru ya di PWI Kota Bogor. Ini adalah agenda pertama kita yang melibatkan mahasiswa dan wartawan. Kita akan menggelar kembali di 2020 tapi belum tahu apakah akan naik gunung, susur pantai atau bukit, nanti kita rencanakan lagi, yang pasti tahun depan akan tetap out of the box dan tetap melibatkan masyarakat yang akan tetap memberikan sisi edukasi,” katanya.

Baca juga  Sekda Syarifah: Media Merupakan Corong Aspirasi Masyarakat

Kegiatan ini juga didukung oleh KNPI, Pemerintah Daerah Kota Bogor, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan Lentera Outdoor. [] Fadil

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top