Kab. Bogor

Puluhan ODGJ di Rumpin Divaksin, Begini Cerita Suka Dukanya

Nurbani Firdaus atau akrab disapa Bude, tampak mendampingi petugas medis vaksinator dari Puskesmas Tengah memberikan vaksin Covid-19 kepada ODGJ

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Program vaksinasi massal covid-19 di Rumpin juga diikuti oleh puluhan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Seperti diungkapkan Nurbani Firdaus, pendamping penyandang disabilitas mental dari Kecamatan Rumpin. Wanita yang akrab disapa Bude ini menuturkan, hingga hari ini tercatat hampir 40 ODGJ telah divaksin covid-19.

“Vaksinasi dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas. Saat ini di Puskesmas Rumpin sudah 16 ODGJ yang divaksin. Lalu di Puskesmas Cicangkal sudah 14 ODGJ yang divaksin,” ungkap Bude, Selasa (31/8/2021).

Ia menjelaskan, di Kecamatan Rumpin dari data yang dimilikinya saat ini ada sekitar 160 ODGJ yang ditangani oleh tiga Puskesmas yaitu Gobang, Rumpin dan Cicangkal. Bude menambahkan, pelaksanaan vaksinasi kepada ODGJ dilakukan dengan sistem jemput bola, yaitu mendatangi ke rumah penyandang disabilitas mental tersebut.

Baca juga  Jadi Pusat Persemaian Modern, 20 Rumah Warga di Rumpin Direlokasi

“Suka duka tentu ada, karena saat mau divaksin, ODGJ itu ada yang mau dan tidak. Bahkan ada yang lari menjauh. Tapi bersyukur, mereka bisa kami dekati. Menangani ODGJ itu harus penuh kelembutan dan ekstra sabar penuh kasih sayang,” pungkas Bude. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top