Kab. Bogor

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Daring Puskesmas Tajur

BOGOR-KITA.com, CITEREUP – Pada masa pandemi Covid-19, Puskesmas Tajur mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi agar pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ,tidak terganggu. Penyuluhan kesehatan di masa pandemi ini dilakukan secara daring menggunakan media sosial yang disesuaikan dengan kebutuhan sasaran penyuluhan.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa selama masa pandemi, pelayanan kesehatan gigi dan mulut di hampir seluruh fasilitas pelayanan kesehatan menjadi terhambat. Pasien gigi, terutama anak-anak menjadi sulit mendapatkan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut karena kebijakan belajar di rumah, kerja dari rumah, serta pembatasan kegiatan masyarakat yang diterapkan selama pandemi. Salah satu inovasi yang dipersembahkan oleh Puskesmas Tajur pada tahun 2020 adalah penyuluhan kesehatan gigi dan mulut daring untuk anak sekolah dan ibu hamil.

Kepala Puskesmas Tajur Kecamatan Citeureup dr Yulia Erma Rosmiati MKM, menyampaikan, “Inovasi dalam bentuk penyuluhan daring ini dilakukan sebagai pengganti kegiatan penyuluhan tatap muka yang rutin dilakukan minimal sekali dalam setahun di sekolah-sekolah dan Posyandu yang berada di wilayah kerja Puskesmas Tajur”. Melalui penyuluhan daring ini, masyarakat dapat mengkakses informasi serta tips seputar kesehatan gigi dan mulut kapan pun dan dimana pun melalui Youtube. Khusus sasaran penyuluhan juga dapat berkonsultasi dengan menuliskan pertanyaan di googleform atau mengirim email kesgimulpkmtajur@gmail.com atau ke nomor 0821-12735420.

Inovasi Penyuluhan Kesehatan Gigi Daring ini selaras dengan himbauan Bupati Bogor untuk terus menghadirkan terobosan baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top