Kota Bogor

Pemkot Bogor Kembangkan Wisata Alam Mulyaharja Seperti Svargabumi Magelang

Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau Kampung Ciharashas, Mulyaharja, Kota Bogor, Rabu (25/11/2020).

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –  Pemerintah Kota Bogor mengucurkan bantuan hibah Rp 2.813.973.000 dari APBD 2020 kepada Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan di area persawahan Kampung Ciharashas, Kota Bogor.

Penyerahan hibah dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Bogor Bima Arya kepada pengurus Kompepar Mulyaharja, Rabu (25/11/2020).

Hadir dalam penyerahan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Atep Budiman.

Menurut Bima Arya, alokasi anggaran tersebut diperuntukkan pada pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Diharapkan, sektor pariwisata ini mampu menggerakkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat setempat karena memiliki efek pengganda (multiplier effect) bagi perekonomian masyarakat dan melibatkan banyak tenaga kerja.

“Akan kita garap sekitar 2 hektar area persawahan di sini, kita jadikan sebagai kampung tematik wisata alam yang keren Insya Allah, yang memberikan maslahat untuk warga. Kita alokasikan anggaran Rp2,8 miliar, saya serahkan kepada Kompepar Mulyaharja. Mudah-mudahan lancar. Dengan ini kita mulai pembangunan di sini,” kata Bima saat penyerahan.

Baca juga  Sambut Baik Kebijakan Mendikbud, Pemkab Bogor Siap Gelar Belajar Tatap Muka

Kadisparbud Kota Bogor Atep Budiman menjelaskan, hibah dari APBD ini bagian dari klaster recovery economy akibat pandemi.

“Tren masyarakat sekarang wisata lebih ke alam, cari suasana alam, berjemur, hiking, gowes. Mulyaraharja punya magnet itu, dan kita kembangkan ke arah sana,” ujar Atep.

Atep mengatakan, pemanfaatan lahan pertanian untuk wisata alam juga banyak dilakukan di daerah-daerah lain. Salah satunya di Svargabumi, Magelang. “Karena potensi di Kota Bogor karakternya hampir mirip dengan Swargabumi, Magelang, Jawa Tengah.

“Kita punya view Gunung Salak, sawah, kalau malam hari juga bagus. Lalu kita kerja sama dengan pemilik lahan dan petani, tanpa mengganggu pokok usaha masyarakat di sini, yakni pertanian, kita tingkatkan supaya ada nilai tambah lain untuk masyarakat,” jelas dia.

Dilansor dari merdeka.com, Svargabumi merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Kelurahan Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Letaknya yang tak jauh dari Candi Borobudur, membuat obyek wisata itu menjadi pelengkap wisata alternatif yang berada di kawasan Borobudur. Tempat wisata ini menghadirkan konsep wisata Instagramable dengan lokasi tengah sawah disertai properti foto yang menarik.

Baca juga  Lapangan Sempur Kini Dilengkapi Fasilitas Skateboard

Menariknya, keberadaan tempat wisata itu tak hanya memberi keuntungan bagi pengusahanya, namun juga petani sekaligus masyarakat sekitarnya.

Atep mengatakan, pengelolaan wisata alam Mulyaharja dilakukan langsung oleh Kompepar yang sudah 4 tahun terakhir menjadi binaan Disparbud Kota Bogor.

“Hanya saja dulu masih fokus di agro edukasi wisata. Sekarang diperluas lagi cakupan wisatanya sesuai dengan tren masa pandemi,” kata Atep.

Terkait Kompepar, kata Atep, di dalamnya berisi masyarakat setempat, para tokoh, para pemuda dan supporting RT/RW dan kelembagaan yang ada seperti karang taruna. [] Hari/prokompim

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top