Kota Bogor

PAC GP Ansor Bogor Selatan Minta Penanganan Longsor di Jalan Batutulis Dipercepat

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Bogor Selatan meminta penanganan longsor di Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan dipercepat.

Diketahui longsor tersebut terjadi pada proyek penataan Stasiun Batutulis yang dilakukan oleh PT KAI.

Ketua PAC GP Ansor Bogor Selatan, Muhammad Lutfi mengatakan keterlambatan penanganan longsor di Jalan Batutulis itu menjadi permasalahan untuk warga.

“Longsor itu bagian dari bencana alam, semua orang tidak mau bencana tersebut terjadi, tetapi antisipasi yang lalai dan penanganan yang lambat, menjadi problem yang perlu dipertanggung jawabkan oleh PT KAI dan Pemerintah Kota Bogor,” kata Lutfi pada Kamis (7/12/2023).

Meski proyek tersebut milik PT KAI, seharusnya pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberikan atensi lebih keras kepada PT KAI agar antisipasi dan penanganan longsor di jalan Batutulis teraebut cepat selesai.

Baca juga  Diskusi Kamisan: Mewujudkan Kota Bogor sebagai Kota Toleransi

“Masyarakat yang menjadi korban, tidak bisa melewati jalan yang biasa dilalui, terutama nasib para anak sekolah dan sopir angkot,” ucapnya

Ia menjelaskan, peristiwa longsor di proyek tersebut merupakan kedua kalinya. Peristiwa pertama terjadi pada sekitar bulan maret 2023.

“Jika dihitung dari pertama longsor bulan Maret ke longsor kedua pada 16 November 2023 ada waktu yang cukup lama, seharusnya pemerintah dan PT KAI sudah punya bacaan kesana, merampungkan pembangunan tebing penahan tanah yang kokoh agar tidak terjadi longsor kembali,” katanya.

Meski telah diterapkan rekayasa lalu lintas (lalin) dengan sistem satu arah secara bergantian di titik longsor Jalan Batutulis, Lutfi menilai hal itu tidak efektif. Sebab warga harus memutar jauh mencari jalan alternatif.

Baca juga  Potensi Zakat Pegawai Pemkot Bogor Capai Rp23 Miliar

“Akibatnya para pengguna jalan harus rela memutar jalan mencari jalan alternatif dan bermacet-macetan.
tidak itu saja, mobil truk proyek yang besar-besar keluar masuk proyek sangat berbahaya bagi pengguna jalan, pasalnya tidak dikawal secera profesional agar pengguna jalan tetap terlindungi keselamatannya, jalanpun menjadi kotor dan penuh tanah dari proyek itu,” jelasnya.

Dengan demikian, PAC GP Ansor Bogor Selatan mendesak kepada semua yang terlibat dalam penanganan longsor di jalan Batutulis, melakukan penanganan pasca longsor dilakukan dengan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya.

“Jngan terlalu berlarut-larut, mengingat jalan batutulis tersebut adalah akses yang sangat penting bagi masyarakat Bogor Selatan dan masyarakat bisa menggunakan kembali jalan tersebut sebagaimana mestinya,” tutupnya. [] Ricky

Baca juga  Memori Kemiskinan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top