Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan pengecekan surat suara di Gudang Sewa KPU Kawasan Pergundang 3M di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Rabu (6/3/2019).

Kapolda Jabar Cek Surat Suara Pemilu di Cibinong

BOGOR-KITA.com – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memperketat pengawasan wilayah Kabupaten Bogor menjelang Pemilu 2019 April 2019. Bekerjasama dengan TNI dan instansi terkait, Polda Jabar siap memberikan tambahan personelnya untuk mengawasi tahapan pemilu serentak di Bumi Tegar Beriman.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, jumlah personel untuk pengamanan disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah. Kabarnya jumlah TPS di Kabupaten Bogor mencapai 15 ribu TPS.

“Kalau jumlah TPS di sini ada 15 ribuan dan kalau personel dari Polres Bogor itu kurang, kita akan tambah,” ujar Agung, Kamis (7/3/2019).

Menurut Agung, penambahan personel untuk pengamanan Pemilu 2019 pun telah diajukan oleh Polres Bogor kepada Polda Jawa Barat.

“Saya juga sudah koordinasi dengan Pangdam untuk membantu memberikan kekuatan anggota TNI untuk pengamanan. Nantinya setiap daerah ada pengawasan baik yang melekat di ikatan satuan maupun dari teritorial mulai dari Batalyon hingga Koramil,” ungkapnya.

Agung menegaskan telah memerintahkan Kapolres Bogor, AKBP Andy Moch Dicky untuk bekerja dengan keras. Terlebih beberapa wilayah di Kabupaten Bogor telah terpetakan dan masuk dalam radar wilayah rawan dalam Pemilu 2019.

Tapi, kata dia, Polres Bogor harus menjaga keseluruhan wilayah tanpa pengecualian dengan bersinergi dengan KPU sampai tingkat TPS dengan KPPS secara maksimal untuk melakukan pengawasan.

“Personel pengawasan dari polisi itu kurang lebih ada 24 ribu orang. Dari TNI ada 2.400 orang yang melekat langsung. Ada juga tambahan teritorial dari koramil juga kodim. Semua bersinergi, semua mendukung jalannya pemilu,” terangnya.

Selain upaya pengamanan yang akan diperketat, Agung juga melakukan pengecekan surat suara di Gudang Sewa KPU Kawasan Pergundang 3M di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Rabu (6/3/2019).

Didampingi Kapolres Bogor, KPU dan Bawaslu Kabupaten Bogor, Agung ingin memastikan surat suara yang tiba di gundang sewa tersebut berada dalam keadaan aman tanpa masalah.

“Sesuai dengan jadwal, kita lakukan pengecekan ini. Selain itu juga karena kita sudah terikat kerjasama dengan KPU dan Bawaslu untuk membantu pengamanan tahapan pemilu ini,” kata Agung.

Dia berharap proses pelipatan hingga pendistribusian surat suara ke TPS-TPS yang ada di Kabupaten Bogor berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan pemilu ini berjalan dengan lancar dan aman,” tandasnya. [] Admin/Pkr



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *