IPB Tuan Rumah Pimnas ke-29

IPB Tuan Rumah Pimnas ke-29

BOGOR-KITA.com – Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX (Pimnas ke-29) merupakan muara dari ekspresi kreativitas para ilmuwan dan entrepreneur muda yang berasal dari kampus-kampus di Indonesia. Pimnas juga sebagai ajang forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi serta sarana silaturahmi antar mahasiswa di Indonesia melalui penyajian karsa, cipta, teknologi, penelitian dan karya dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Institut Pertanian Bogor (IPB), sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia dan perguruan tinggi terbesar di bidang pertanian, terpanggil untuk berkontribusi dan bertanggung jawab dalam memfasilitasi nilai-nilai unggul kegiatan tersebut. Sebagai tuan rumah Pimnas untuk kedua kalinya, IPB berupaya menjadikan Pimnas ke-29 sebagai ajang berkumpulnya para insan muda terbaik bangsa untuk bersama dan bersatu menghasilkan solusi perbaikan demi kemajuan bangsa Indonesia melalui pemikiran atau karya unggulan dalam PKM bidang Penelitian, Penerapan Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat, Kewirausahaan, Karsa Cipta dan Gagasan Tertulis.
Pimnas ke-29 di IPB dikemas dalam tema “Dengan Semangat Kebersamaan dan Persatuan, Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif untuk Kejayaan Bangsa”. Kegiatan utama Pimnas ke-29 diselenggarakan pada tanggal 8-11 Agustus 2016. Seluruh rangkaian kegiatan Pimnas ke-29 dilaksanakan di Kampus IPB, Darmaga, Bogor. Pimnas ke-29 tahun 2016 akan diikuti 460 kelompok PKM yang berasal dari 145 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain mahasiswa, Pimnas ke-29 juga akan dihadiri dosen pembimbing PKM, pimpinan perguruan tinggi, dewan juri dan panitia pusat, 300 orang pendukung kontingen dan 1.250 panitia.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB sekaligus Ketua Panitia Pimnas ke-29, Prof.Dr. Yonny Koesmaryono mengatakan peserta Pimnas akan dibagi ke dalam 22 kelas presentasi yang meliputi 6 kelas PKM Penelitian Eksakta, 2 kelas PKM Penelitian Sosial humaniora, 4 kelas PKM Kewirausahaan, 4 kelas PKM Pengabdian kepada Masyarakat, 4 kelas PKM Karsa Cipta, 1 kelas PKM Penerapan Teknologi dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.
Selain presentasi dan pameran poster-produk PKM, Pimnas tahun ini juga akan dilengkapi dengan kegiatan Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, Sarasehan Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan, Studium General, Pimnas Investment Summit, Social Gathering, Aksi Peduli Lingkungan, SMA Goes to PIMNAS, olahraga bersama, bazaar dan City Tour.
“Pimnas ke-29 diharapkan dapat memberi warna penyelenggaraan Pimnas yang tidak hanya bernuansa kompetisi yang adil, namun juga menekankan kepada persatuan dan kebersamaan” ujar Prof. Yonny Koesmaryono.
“Mudah-mudahan Pimnas ke-29 menghasilkan berbagai karya mahasiswa yang kreatif, inovatif dan solutif bagi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa kita. Saya berharap Pimnas ke-29 akan menjadi tonggak sejarah penyempurnaan sistem penyelenggaraan PKM dan Pimnas untuk mewujudkan PKM dan Pimnas yang lebih baik,” kata Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *