IPB Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Nanggung,Bogor

BOGOR-KITA.com, NANGGUNG – IPB University mengirimkan bantuan sementara untuk korban banjir di Nanggung, Kabupaten Bogor, Jumat  (3/1/2020). Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, Dr Aji Hermawan mengatakan bahwa tim IPB University sudah bertemu dengan jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Nanggung dan sudah berjumpa dengan Camat Nanggung, untuk melakukan identifikasi kebutuhan.

“Kami disarankan untuk tidak ke lokasi bencana karena selain jauh, lokasi tidak dapat diakses mobil. Bahkan hari ini ada mobil yang terbalik kena longsoran dan ada beberapa mobil yang terlanjur naik tidak bisa kembali,” ujarnya.  Menurutnya ada lima desa di Kecamatan Nanggung yang terkena bencana. Dan tiga desa masih terisolasi belum dapat ditembus. Jadi saat ini masih dalam tahap tanggap darurat.

“Hari ini kami hanya menyalurkan bantuan logistik saja yang dipusatkan di Polsek Nanggung. Bantuan sementara ini adalah barang-barang yang urgen dibutuhkan masyarakat berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor,” imbuhnya.  Bantuan diterima oleh Yudi Rahman, SH, Kepala Posko Bencana Kecamatan Nanggung.

Ada dua titik pengungsi di Kampung Parigi dengan jumlah pengungsi sebanyak 1.300 orang dan Kampung Cirangap sebanyak 250 orang. Jumlah tersebut masih dapat berubah tergantung perkembangan.  Untuk selanjutnya IPB University dapat berperan di Posko Pengungsian di dua titik,  assesment bencana yang baru dapat dilakukan setelah daerah bencana dapat diakses. Lebih lanjut IPB University dapat berperan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi serta pendampingan masyarakat pasca bencana.   “Menurut perkiraan Camat Nanggung, Syaefullah, dalam waktu enam bulan ke depan belum akan selesai  penanganan bencana ini,” imbuhnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *