Kab. Bogor

Evaluasi Kinerja bersama Relawan, TBM Lentera Pustaka Catat 5 Prestasi Tahun 2021

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI – Malam tahun baru, biasanya dirayakan dengan bakar jagung, bakar ikan dan lainnya. Tapi berbeda di TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Justru di malam tahun baru, TBM Lentera Pustaka menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi tahun 2021, Jumat (31/12/2021) yang dihadiri pendiri, wali baca, dan relawan taman bacaan. Sejak seusai Maghrib hingga pukul 22.00 WIB. Sebagai evaluasi atas aktivitas yang dijalankan selama satu tahun, di samping rencana program literasi di tahun 2022. Tujuannya, agar ke depan taman bacaan bisa lebih baik melayani dan lebih komit dalam melakukan aktivitas literasi.

Apa yang telah dicapai taman bacaan?

Alhamdulillah, sepanjang tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka pun menorehkan kinerja yang luar biasa. Taman bacaan yang menerapkan model “TBM Edutainment” ini berhasil mencatat berbagai prestasi dan kinerja antara lain:

1. Event yang digelar mencapai 40 event setahun. Artinya rata-rata 3,3 event sebulan yang tergolong sangat produktif.
2. Donasi buku atau barang yang diterima mencapai 77 donasi atau 6,4 donasi yang diterima dalam sebulan, baik berupa buku atau barang.
3. Jumlah donasi buku yang diterima mencapai 4.331 buku atau mencapai 360 buku per bulan yang datang. Dengan total valuasi setara Rp. 41.879.000,-.
4. Pengiriman donasi buku ke TBM lain mencapai 5 TBM dengan jumlah 380 buku.
5. Prestasi yang ditorehkan ada 5 prestasi, seperti: Jagoan 2021 dari RTV, Sosok Inspiratif Spiritual Journela dari PLN, Wonderful People 2021 dari Guardian Indonesia, Ramadhan Heroes dari Tonight Show NET TV, dan Kampung Literasi dari Dit. PMPK Kemdikbud RI.
6. Sponsor CSR Korporasi dan mitra: Bank Sinarmas, Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, dan Pacific Life Insurance serta bermitra dengan Bogor-Kita.com
7. Didukung sumber daya manusia (SDM) terdiri dari 5 wali baca dan 18 relawan yank aktif berkiprah di taman bacaan.

Baca juga  Rektor IPB Apresiasi Kabinet Indonesia Maju, Pertanian Eksis di Masa Pandemi

Patut diketahui, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor kini mengelola 12 program literasi yang terdiri dari: 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 160 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya) dengan waktu baca 3 kali seminggu, kini setiap anak mampu membaca 5-8 buku per minggu, 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 9 warga belajar buta huruf agar terbebas dari belenggu buta aksara, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 7) KOPERASI LENTERA dengan 28 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), dan 12) LIDAB (LIterasi ADAb) untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre. Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

Baca juga  OPINI: Spirit Pegiat Literasi, Cukup Masuk Akal atau Harus Akal Sehat?

Lalu apa yang akan dilakukan TBM Lentera Pustaka pada tahun 2022?
Berbagai program baru siap dijalankan TBM Lentera Pustaka. Diantaranya 1) English Day tiap Jumat, 2) Wisata Belajar Angklung + Wisata Literasi, 3) Rooftop Area Baca Lt. 2 (donasi dari Bank Sinarmas), 4) Peluncuran Kafe Lentera Pustaka, 5) Motor Baca TBM (donasi dari AJ Tugu Mandiri), 6) Festival Literasi Gunung Salak #5 + peluncuran buku 5th TBM Lentera Pustaka, dan 7) Meningkatkan kualitas anak dan program taman bacaan.

TBM Lentera Pustaka bersyukur atas torehan yang diraih. Karena itu, ucapan terima kasih disanpaikan kepada anak-anak, orang tua, kaum buta aksara, sponsor, donatur dan tamu event, serta walibaca/relawan yang telah mendukung TBM Lentera Pustaka dalam menjalankan aktivitas literasi sepanjang tahun 2021 lalu. Ternyata, kolaborasi di taman bacaan memegang peran penting berkembang atau tidaknya aktivitas taman bacaan dan gerakan literasi di bumi Indonesia.

Baca juga  Opini itu Bebas Fakta itu Suci, Tantangan Gerakan Literasi Indonesia

Tanpa terasa, TBM Lentera Pustaka memasuki usia ke-5 di tahun 2022 ini. Karena komitmen, konsistensi, dan sikap sepenuh akan terus didenungkan TBM Lentera Pustaka. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Dan tetap jadikan taman bacaan sebagai tempat yang asyik dan menyenangkan.

Tahun baru pun telah dipijak. Euforia malam tahun baru telah berlalu. Kini saatnya untuk mengubah niat baik jadi aksi nyata. Menebar kebaikan di taman bacaan sebagai dakwah. Agar terwujud masyarakat Indonesia yang literat. Salam literasi.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top