Nasional

Contoh Press Release Event, Senjata EO Sukseskan Acara

Ilustrasi/Freepik.com

BOGOR-KITA.com,  Sebagai Event Organizer (EO), Anda bertanggung jawab untuk mensukseskan sebuah acara. Salah satu kunci penting dalam mencapai tujuan ini adalah melalui publikasi media yang efektif. Di sinilah peran press release event menjadi sangat penting.

Press release atau siaran pers, adalah informasi yang disebarkan melalui dokumen resmi tertulis yang berisi informasi penting tentang sebuah acara.

Dokumen tersebut dibuat mewakili perusahaan atau pemilik acara untuk menarik perhatian media dan publik agar tertarik untuk mengikuti dan/atau menghadiri acara.

Ketika ditulis dengan baik dan disebarluaskan secara efektif, press release dapat menjadi alat yang sangat ampuh untuk meningkatkan publisitas dan partisipasi dalam acara Anda.

Apa yang harus dimuat dalam press release event? Pertanyaan bagus untuk kita gali lebih dalam tentang seluk-beluk siaran pers acara melalui artikel ini.

Dalam membuat press release event, ada beberapa hal yang harus tertuang dan disusun secara terstruktur, meliputi judul, penjelasan pada isi, deskripsi yang dilengkapi kalimat ajakan untuk partisipasi, hingga kontak yang bisa dimanfaatkan partisipan pada acara tersebut.

Berikut penjelasan lengkapnya;

  1. Judul yang menarik perhatian

Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh jurnalis dan pembaca. Pastikan judul Anda singkat, jelas, dan menarik perhatian.

Gunakan kata kunci yang relevan dengan acara Anda agar mudah ditemukan dalam pencarian online.

  1. Informasi lengkap tentang acara

Sertakan informasi penting seperti nama acara, tanggal dan waktu, lokasi, pembicara atau pengisi acara, dan detail lainnya yang relevan. Pastikan informasi ini akurat dan mudah dipahami.

  1. Deskripsi acara yang menarik

Berikan deskripsi singkat tentang acara Anda yang menarik dan informatif. Jelaskan tujuan acara, manfaat yang akan didapatkan peserta, dan mengapa orang harus tertarik untuk hadir. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

  1. Kutipan dari pembicara atau pengisi acara
Baca juga  3 ASN DKI Jakarta Meninggal Dunia Terpapar Covid-19 dalam Sepekan

Jika memungkinkan, masukkan kutipan dari pembicara atau pengisi acara. Kutipan yang menarik dapat membantu meningkatkan kredibilitas acara Anda dan menarik perhatian media.

  1. Informasi kontak

Sertakan informasi kontak yang jelas dan mudah diakses sehingga media dan publik dapat menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang acara Anda.

Secara garis besar, metode penulisan press release event harus mencakup hal-hal berikut;

Gunakan bahasa yang singkat, jelas, dan mudah dipahami. Hindari jargon teknis dan kalimat yang rumit.

Fokus pada informasi yang paling penting. Jangan masukkan informasi yang tidak relevan atau berlebihan.

Gunakan kata kunci yang relevan dengan acara Anda. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas press release Anda di internet.

Periksa kembali press release Anda dengan cermat sebelum dipublikasikan. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Setelah memenuhi semua unsur di atas, barulah fokus merangkai kata demi kata hingga tersusunlah barisan paragraf dalam naskah press release event.

Lantas, setelah rilis itu jadi, bagaimana cara menyebarluaskan press release event ke media sehingga diketahui publik? Ini merupakan pertanyaan bagu selanjutnya.

Sesuatu yang sangat penting untuk diketahui penyelenggara acara/EO demi mensukseskan acara yang hendak digelar hingga pasca penyelenggaraan kegiatan.

Cara menyebarluaskan press release event

Setelah press release Anda siap, perlu menyebarkannya secara masih ke media dan publik. Adapun metode yang umum digunakan, bahkan sangat direkomendasikan, adalah dengan menghubungi media massa seperti portal berita online, tv, radio, dan sejenisnya.

Baca juga  BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Lima Vaksin Sebagai Booster

Kirim press release Anda ke media massa, seperti surat kabar, majalah, stasiun TV, dan radio.

Posting press release Anda di website dan media sosial acara Anda.

Kirim press release Anda ke mailing list Anda.

Bagikan press release Anda dengan influencer dan blogger di bidang yang relevan dengan acara Anda.

Namun perlu Anda sadari, menghubungi satu persatu media tentu saja membutuhkan waktu yang tak sedikit. Bahkan bisa memakan durasi yang relatif lama, terlebih jika harus melakukan negosiasi perihal harga per penayangan yang belum menemui kata sepakat.

Oleh karenanya, dibutuhkan peran serta pihak ketiga yang menjadi jembatan antara EO dengan media-media tersebut, tak lain adalah jasa publikasi periklanan.

Keberadaan agensi periklanan itu sudah sangat gampang ditemukan di era teknologi saat ini. Sebut saja salah satunya Publikasimedia.com, yaitu sebuah platform yang memungkinkan Anda menerbitkan press release event dalam sekali proses namun bisa tersebar ke banyak media sekaligus.

Dengan menggunakan jasa dari platform tersebut, informasi terkait acara Anda bisa tayang di media lokal maupun nasional, sehingga berpotensi membuat acara akan sukses besar. Selain itu, rilis dalam format berita juga akan meningkatkan gengsi acara di mata publik.

Langsung saja, bagi yang penasaran seperti apa contoh press release event yang baik, berikut format yang bisa Anda tiru.

Contoh press release event

###

Judul: Festival Musik “Melodi Nusantara” Menggema di Batu, Jawa Timur

Baca juga  Satgas Kecamatan Cijeruk Masif Bagikan Masker

Batu, 24 Februari 2024

[Nama EO] dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan Festival Musik Melodi Nusantara, sebuah perayaan musik Indonesia yang akan diadakan pada [Tanggal dan Waktu Acara], di [Lokasi Acara]. Festival ini akan menghadirkan [Daftar Penampil], musisi-musisi ternama dari berbagai genre musik Indonesia.

Tentang Festival Musik Melodi Nusantara:

Festival Musik Melodi Nusantara terinspirasi dari kekayaan musik Indonesia yang beragam. Festival ini bertujuan untuk menghadirkan platform bagi para musisi Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka dan memperkenalkan musik mereka kepada khalayak yang lebih luas. Festival ini juga bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia dan memperkuat rasa persatuan bangsa.

Acara dan Atraksi:

Festival Musik Melodi Nusantara akan menampilkan berbagai pertunjukan musik dari berbagai genre, termasuk pop, rock, dangdut, jazz, dan tradisional. Selain pertunjukan musik, festival ini juga akan menghadirkan berbagai atraksi lainnya, seperti:

[Daftar Atraksi]

[Daftar Stand Makanan dan Minuman]

[Daftar Aktivitas Lainnya]

Harga Tiket dan Cara Pembelian:

Tiket Festival Musik Melodi Nusantara tersedia dalam berbagai kategori:

[Daftar Kategori Tiket dan Harga]

Tiket dapat dibeli secara online melalui website [Link Website Penjualan Tiket] dan offline di [Daftar Tempat Penjualan Tiket Offline].

Kontak Media:

[Nama EO]

[Email]

[Nomor Telepon]

###

Itu dia contoh press release event yang bisa Anda jadikan referensi untuk pembuatan rilis bagi acara Anda sendiri.

Jika kesulitan dalam membuatnya secara mandiri, maka sekali lagi, menggunakan jasa pembuatan press release adalah solusi bijak yang bisa ditempuh demi efektifitas pekerjaan EO dalam mensukseskan acara.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top