Bupati Bogor Teken LoI Sister City dengan Wakil Walikota Nanning RRT di Pendopo Cibinong

Penandatangan LoI Sister City Kabupaten Bogor dengan Kota Nanning, RRT

BOGOR-KITA.com – Pemerintah Kabupaten Bogor menjalin kerjasama sister city dengan Pemerintah Kota Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang Republik Rakyat Tiongkok melalui penandatanganan letter of intent (LOI) yang mencakup bidang pendidikan, olahraga dan pariwisata. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Bogor Nurhayanti dengan Wakil Walikota Nangning, Guo Min, di Pendopo Bupati, Cibinong, Minggu (10/5/2015) malam.

Dalam sambutan Nurhayanti menyatakan sangat mengapresiasi kerjasama antara kedua kepala daerah karena akan menguatkan komitmen bersama untuk meningkatkan kerjasama sister city antara Pemkab Bogor dengan Pemkot Nanning.

"Sebelumnya, yakni September 2008  kita sudah melakukan MoU, yang meliputi rencana kerjasama sister city pada bidang pembangunan ekonomi daerah, pengembangan dan peningkatan investasi, pengelolaan lingkungan dan infrastrduktur, pendidikan, olahraga, pariwisata serta kegiatan bidang-bidang yang lain yang telah disepakati oleh kedua belah pihak." kata Nurhayanti.

Ditambahkan, berkat komunikasi antara kedua belah pihak senantiasa terjalin dengan baik dan intensif, maka penandatangan letter of intent (LoI), dapat terlaksana pada hari ini. “Kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait diminta mempersiapkan diri dan menindaklanjuti secara seksama kerjasama dengan Pemkot Nanning ini agar dapat terjalin dengan baik,” pinta Nurhayanti.

Secara detil, bupati mengemukakan untuk bidang pendidikan kerjasama dilakukan dalam hal kemitraan sekolah, penyusunan kurikulum muatan internasional dan ujian bagi  di sekolah mitra. Adapun pada bidang olehraga kerjasama dilakukan dalam bentuk pertukaran atlet dan pertukaran pelatihan. Sementara di bidang  “pariwisata kerjasama dilakukan dalam bidang promosi pariwisata. "Oleh sebab itu, instansi yang terkait dalam penandatangan ini harus segera mempersiapkan diri," kata Nurhayanti.

Sementara itu,Wakil Walikota Nanning, Miss Guo Min dengan mengunakan bahasa Mandarin yang dibantu seorang penerjemah mengatakan, kerjasama sister city harus sering dilakukan, karena akan mempererat hubungan kedua pemerintah daerah dan dapat meningkatkan kualitas bidang yang dikerjasamakan.

"Kita harus sering melakukan kerjasama seperti ini, karena kita merupakan sister city. Penandatangan ini diharapkan dapat menjaga hubungan kedua pemerintahan daerah sekaligus meningkatan kualitas bidang pariwisata, pendidikan dan olah raga di kedua daerah," katanya

Tak lupa Wakil Walikota Nannging, Guan Ho berjanji akan memberikan beasiswa kepada anak-anak Kabupaten Bogor yang berprestasi untuk bersekolah di Nanning Cina dan pada bulan September mendatang akan mengundang Kabupaten Bogor untuk tampil pada Expo Nanning yang sudah bertarap internasional

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Nanningg didampingi staf yang terkait pada MoU. Kedua kepala daerah kemudian saling tukar cendramata. [] Admin

Jhatumbnail

Bersalaman akrab seusai penandatangan LoI sister city

Jhatumbnail

Foto bersama dengan staf



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *