Pergeseran tanah

Warga Diminta Waspada Pergeseran Tanah

BOGOR-KITA.com – Telah terjadi pergeseran tanah selebar sekitar 3 meter dengan panjang sekitar 10 meter di Kp. Gunung Buleud RT/RW 19/12 Desa Loji, Kecamatan Simpena, Kabupaten Sukabumi. Jumat  (18/01/2019).

Menurut Abid ketua RT setempat, kejadian pergeseran tanah tersebut dimulai pada pukul 17.30 saat hujan deras kembali turun, karena kondisi cuaca dari pagi hujan terus menerus.

“Potensi rumah yang akan terdampak dari pergeseran tanah tersebut ada 4 rumah, 2 di atas posisi rumahnya dan 2 lagi di bawah,” terangnya.

Ia menambahkan salahsatu  rumah yang terdampak adalah miliknya.  3 rumah  lagi yaitu rumah bapak Madi, bapak Ukun dan bapak Enang.

Yayan sebagai Relawan BPBD Kecamanat Simpenan menjelaskan bahwa menurut analisanya  kondisi tanah yang retak ini tanahnya labil, apalagi kondisi cuacanya saat ini hujan deras kemungkinan rentan tebingnya akan turun bersama 2 rumah yang posisinya berada di atas dan menimpa akan menimpa 2 rumah yang di bawah.

“Saya menghimbau untuk warga masyarakat yang dekat pinggir tebing diharapkan antisipasi dan tetap waspada, dan apabila ada hujan yang betul-betul panjang dan deras harus segera evakuasi, ditakutkan ini bisa longsor dan menimbun sekitar 20 rumah yang ada di kampung tersebut,” tandasnya. [] Dede



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *