Nasional

Vaksin Segera Tiba: Dipersiapkan 23.145 Orang Vaksinator

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Belum ada jadwal pasti kapan vaksinasi covid-19 akan dilakukan. Namun, pemerintah sudah mempersiapkan berbagai hal mulai dari logistik hingga sumberdaya manusia (SDM) vaksinasi. Dari data Kementerian Kesehatan, persiapan prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain sudah berjalan dengan baik.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, saat menjawab pertanyaan media dalam perkembangan penanganan Covid-19 sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/10/2020), mengatakan, dari sisi SDM yang dipersiapkan terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, perawat dan bidan sudah dipersiapkan.

“Dari data Kementerian Kesehatan juga, Wiku menyebut jumlah SDM itu yang dipersiapkan sudah ada sebanyak 739.722 orang. Serta vaksinator di Puskesmas dan rumah sakit sebanyak 23.145 orang. Atau secara rasio sebesar 1 : 20 di seluruh Indonesia,” kata Prof Wiku.

Baca juga  Vaksin Segera Tiba: Jabar Sudah Punya 1.094 Orang Vaksinator Terlatih

Wiku juga menegaskan saat ini kandidat vaksin-vaksin yang ada, sedang dalam tahap uji klinis fase 3. Untuk memastikan keamanan, efek samping dan rentang dosis aman yang akan digunakan untuk manusia.

“Pemerintah masih menunggu hasil uji klinis fase 3, serta transfer dokumen Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) untuk dianalisa,” tegas Wiku.

Karenanya pemerintah menekankan upaya pengembangan vaksin dilakukan secara hati-hati dan berpedoman pada standar kesehatan. Setelah lulus uji standar kesehatan, maka Badan POM akan mengeluarkan emergency use of authorization atau izin untuk dapat digunakan.

Vaksinasi di Jawa Barat terlebih dahulu dilakukan di Kota Depok, lalu menyusul Kota Bogor, Kabupaten Bogor , Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi [] Admin/covid-19.go.id

Baca juga  Jabar Dapat 97 Ribu Dosis Vaksin Tahap Pertama
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top