Tol Sentul Selatan - Karawang

Tol Bogor-Serpong via Parung, dan Tol Sentul Selatan-Karawang Segera Lelang

BOGOR-KITA.com, BOGOR –  Dua proyek jalan tol yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor Bogor segera memasuki prakualifikasi lelang bulan Juni-Juli 2020 ini. Kedua proyek tol tersebut adalah Tol Bogor-Serpong via Parung, dan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat,

Hal ini dikemukakan Kementerian Pekerjaan Umum (PUPR) melalui keterangan tertulis kepada pers, Senin (1/6/2020).

Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung yang dirancang sepanjang 31,12 kilometer, merupakan jalan bebas hambatan yang menjadi bagian dari jaringan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road III.  Jaringan Tol Parung-Serpong atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) III ini melengkapi JORR I yang sudah tersambung dan JORR II yang akan rampung pada Mei 2020.

Proyek konektivitas ini akan menghubungkan persimpangan Salabenda (Bogor) dan persimpangan Serpong.  Nilai investasi tol Bogor – Serpong ini diperkirakan mencapai Rp 8,9 triliun.

Sementara tol Sentul Selatan berawal dari junction Sentul yang nantinya akan terkoneksi dengan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), dan Bogor Outer Ring Road (BORR). Titik akhirnya berada di junction Karawang yang terkoneksi dengan jalan tol Jakata-Cikampek. Keberadaan tol ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jalan eksisting di Jadebotabek serta mengatasi macet di Puncak. Nilai proyeknya sekitar Rp80,84 triliun

Tercatat konsorsium PT Pamapersada Nusantara-Astra Group sebagai pemrakarsa Tol Bogor-Serpong via Parung. Meskipun pemrakarsa, mereka tetap harus mengikuti proses lelang.

Menurut pihak PUPR, Tol Bogor-Serpong via Parung merupakan salah satu dari 10  proyek tol yang akan melakukan pelelangan dalam waktu dekat ini. “Proyek pertama ruas tol Kulon Progo-Jogja-Solo (76 km) ini proses lelangnya sudah mulai dan tanggal 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya, mudah-mudahan sekitar September -Oktober 2020 sudah bisa mulai konstruksinya,” kata Menteri Basuki.

Menteri PUPR menambahkan, sembilan proyek tol lainnya yang telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada bulan Juni – Juli 2020 adalah jalan tol Cileunyi—Garut—Tasikmalaya atau Cigatas, jalan Akses Patimban, Bogor—Serpong via Parung, Sentul Selatan—Karawang Barat, Semarang Harbour, Semanan—Balaraja, tol layang Cikunir—Karawaci, dan tol layang Cikunir—Ulujami.

Sebelumnya pihak PUPR menyebutkan, empat ruas tol siap beroperasi pada akhir Juni 2020 dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. Keempat tol yang akan dioperasikan tersebut merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ruas tol-ruas tol yang akan dioperasikan pada Juni 2020 itu, antara lain ruas Banda Aceh—Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer, ruas Pekanbaru—Dumai sepanjang 131 kilometer, ruas tol Manado-Kauditan 21 km sebagai bagian dari tol Manado-Bitung, serta ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi 1 dan 5 sepanjang 33 km. [] Anto



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *