Kota Bogor

Terdampak Proyek Tol BORR, Pemkot Bogor Minta Lahan Pengganti ke MSJ

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pembangunan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIB berdampak terhadap sebagian lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Untuk itu, Pemkot Bogor meminta lahan pengganti ke PT Marga Sarana Jabar, selaku pihak yang akan membangun proyek Jalan Tol BORR Seksi IIIB.

“Kita juga minta sebetulnya (lahan pengganti), ada yang di geser juga karena ada yang diperuntukan untuk Wisma Altet (Kayu Manis) dan peruntukan untuk IPAL,” ucap Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Saat ditanya berapa bidang lahan yang terdampak, Sekda Kota Bogor mengaku tidak hafal. Namun, PT MSJ akan membebaskan lahan untuk akses masuknya terlebih dahulu.

“Karena kita belum bicara dengan aset masalah pembebasannya. Kan kalau lahan pemerintah pasti bicara dengan kita,” katanya.

Baca juga  Terdampak Proyek Tol BORR, Puluhan Pemilik Kios Tuntut Ganti Untung Sesuai Undang Undang

Namun, lanjut Sekda secara umum Pemkot Bogor menyepakati desain yang dibuat untuk pembangunan lanjutan Jalan Tol BORR Seksi IIIB.

“Kalau desainnya sudah kita sepakati, seperti jalannya, terus mana aja lahan Pemkot yang terkena (terdampak),” ujarnya.

“Terus nanti jalan masuknya itu apakah itu lendit atau desainnya apakah misalnya itu ada terowongnya itu udah disepakati,” jelasnya.

Saat ini, kata Sekda Pemkot Bogor tinggal membicarakan mengenai berapa lahan Pemkot Bogor yang akan dipakai, dan berapa lahan pengganti.

“Karana kan lahan yang kita usulin ke provinsi untuk Wisma Atlet,” terangnya.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor mencatat ada sebanyak 295 bidang tanah di wilayah Kota Bogor yang terdampak proyek Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIB.

Baca juga  BORR 10K Event Lari di Jalan Tol Pertama Kali

Proyek Tol BORR Seksi IIIB sendiri dikabarkan akan mulai kembali dilaksanakan pada tahun 2024 nanti. Sementara, pembebasan lahan dikebut selesai tahun 2023 ini. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top