Siswa Vokasi Praktek Kerja Langsung di Pembangkit Listrik

BOGOR-KITA.com, Kabupaten Cirebon – Sebanyak 20 siswa vokasi akan mengikuti On the Job Training (OJT) di pembangkit listrik Cirebon Power unit 1.

Para siswa angkatan kedua Pusat Vokasi Ketenagalistrikan ini, sebelumnya juga sudah mengikuti pelatihan selama dua bulan di kelas, untuk memahami sejumlah pengetahuan dasar industri ketenagalistrikan. Para siswa vokasi ini adalah lulusan SMK terbaik dari dari desa-desa sekitar PLTU, yang telah melewati sejumlah seleksi.

Algannaharo, Head Of Vocational Training Cirebon Power mengatakan, saat di kelas, seluruh siswa vokasi ini, sudah mendapatkan banyak materi dari sejumlah instruktur. Materi yang didapatkan pun, bukan hanya yang berkaitan dengan ketenagalistrikan saja, melainkan juga mendapatkan pengetahuan lainnya.

“Ada juga pembekalan pengetahuan tentang lingkungan dan juga pembentukan sikap mental yang baik dalam bekerja,” kata Algan.

Dalam OJT nanti, para siswa akan merasakan secara langsung praktek kerja di pembangkit listrik Cirebon Power unit 1 dan bisa mempraktekkan materi yang sudah didapatkan di kelas.

Dalam prakteknya, seluruh siswa akan dibagi dalam dua kelompok, yaitu maintenance (pemeliharaan) dan operasional. Setelah satu bulan, kedua kelompok ini akan saling bertukar peran, sehingga diharapkan seluruh siswa berpengalaman di bidang pemeliharaan dan operasional.

“Sehingga, nanti seluruh siswa bisa merasakan bekerja di bagian operasional dan maintenance,” kata Algan.

Rizky Firmansyah, salah satu siswa vokasi dari Desa Kanci menuturkan, bahwa dirinya mendapatkan banyak pengetahuan setelah mengikuti program vokasi Cirebon Power. Alumnus SMKN 1 Cirebon ini menurutkan, pengetahuan yang ia dapat, buka hanya terkait dengan ketenagalistrikan saja, namun juga banyak pengetahuan lainnya yang bermanfaat.

Menurut Rizky, pengetahuan tentang pembangkit listrik, merupakan salah satu pengetahuan yang cukup sulit didapatkan, sehingga dirinya bersyukur bisa bergabung dalam program vokasi Cirebon Power ini. Rizky mengaku cukup antusias mengikuti seluruh kegiatan vokasi, yang sudah dilaksanakan lebih dari dua bulan ini.

“ Pengalaman yang baru, belajar mengenai ketenagalistrikan dan pembangkit batu bara bersih. Apalagi, bisa langsung praktek lapangan, jadi sangat senang sekali,” kata Rizky.

Hal serupa juga dirasakan Andy Setiawan, warga Desa Mundu Pesisir ini memiliki harapan besar sejak bergabung di Pusat Vokasi Cirebon Power. Ia berharap, pengetahuan yang ia dapatkan selama mengikuti program vokasi, bisa membuat dirinya bergabung kerja pada perusahaan pembangkit listrik itu.

“ Saya berharap, ke depannya saya bisa bekerja di pembangkit listrik,” kata lulusan SMK Gracika Cirebon ini.

Ia menuturkan, banyak pengetahuan tentang pembangkit listrik yang sudah ia pelajari selama mengikuti program vokasi. Kini ia mulai mengenal beberapa komponen penting pembangkit listrik, seperti boiler, turbin, dan generator. Andy berharap, dengan mengikuti program OJT ini, dirinya bisa mendapatkan peluang kerja yang lebih besar.

“Semoga pengalaman ini, bisa dijadikan modal untuk mendapatkan pekerjaan dan bisa memiliki daya saing dengan lainnya,” katanya.

Sebelumnya, pada pertengahan 2019 lalu Pusat Vokasi Ketenagalistrikan Cirebon Power telah meluluskan 19 siswa angkatan perdana, dan 6 orang di antaranya kini telah bekerja di dalam lingkungan pembangkit Cirebon Power. [] Charles 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *