Kota Bogor

Ponpes Daarul Uluum Kota Bogor Apresiasi BIN Sosialiasi AKB

Tim Velox BIN berikan sosialisasi AKB di ponpes Daarul Uluum Kota Bogor

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pondok Pesantren (ponpes) Daarul Uluum memberikan apresiasi kepada Tim Velox dari Badan Intelejen Negara (BIN) dalam melakukan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di lingkungan pondok pesantren.

Hal itu dikatakan Ketua Satgas Covid-19 Ponpes Daarul Uluum, Hasbullah usai sosialisasi AKB di Ponpes Daarul Ulum di jalan Durian Raya, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Hasbullah, dengan adanya sosialisasi dan kunjungan dari tim velox BIN ke Ponpes Daarul Uluum ini tentu memberikan perspektif yang clear terhadap informasi penyebaran covid-19, dimulai dari berkaitan dengan status ataupun karakteristik virus, cara penyebaran, cara pencegahan sampai cara melakukan dan menjaga protokol kesehatan.

“Tadi ada yang menarik disampaikan dari Tim Velox, bahwa dalam AKB ini kampanyenya ada 4 yaitu, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Maka dari itu dalam AKB ini Ponpes Daarul Uluum akan menyesuaikan dengan sedemikian rupa agar ini benar-benar kita jaga untuk menjaga keluarga di sekitar lingkungan pesantren,” ucap Hasbullah.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: 4 Positif, 2 PDP Meninggal

Sosialisasi Tim Velox ini, lanjut Hasbullah sangat membantu warga pesanrten, karena warga pesantren adalah warga yang bersifat komunal, artinya mereka berkegiatan bersama, ibadah bersama, belajar bersama. Dengan adanya perspektif yang utuh dari Tim Velox ini pihaknya bisa memahami secara utuh.

“Ke depan harapan saya agar pemerintah menjaga agar tidak ada kenaikan kasus covid-19, karena kesehatan dan keselamatan warga adalah hal utama,” ujarnya.

Selain itu, tambah Hasbullah,  pemerintah juga harus memperhatikan pihak-pihak yang memang belum tersentuh oleh pemerintah seperti dunia pesantren. Karena dunia pesantren bukan tercatat di ketenaga kerjaan dan belum tercatat dunia usaha yang selama ini mendapatkan porsi yang besar dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Baca juga  Tim Velox BIN Semprot Disinfektan di Pesantren Al Ghazali Bogor

“Jadi pemerintah harus betul-betul memperhatikan dunia pesantren karena melalui dunia pesantren menjaga generasi yang akan datang,” tandasnya.

Sementara itu, Juru bicara (Jubir)Tim Velox BIN Syarifah Nur menuturkan sosialisasi, edukasi, dan dekontaminasi di Ponpes Daarul Uluum, Kota Bogor dalam rangka pencegahan penularan COVID-19 dan dalam rangka mendukung penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) antara pengurus dan santri di lingkungan Ponpes Daarul Uluum, Kota Bogor.

“Kita lakukan kegiatan sosialisasi, edukasi, penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer dan masker kepada masyarakat agar tetap hidup produktif dan terhindar dari penularan virus corona,” kata Syarifah.

Ia menjelaskan, bahwa Ponpes Daarul Uluum, Kota Bogor menjadi prioritas karena mempertimbangkan kondisi ponpes yang menjadi salah satu fasilitas sosial di masa pandemi yang rentan terhadap adanya penularan atau penyebaran COVID-19.

Baca juga  SMPN 1 Kota Bogor Gelar MPLS Secara Daring

“Hal tersebut dapat diantisipasi dengan peningkatan kualitas kesehatan di lingkungan ponpes dan disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan ini tambah Syarifah diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk siap dalam menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru, seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Tentunya berharap pandemi COVID-19 ini dapat segera reda dan berakhir.

“Kita juga harus siap untuk menjalani tatanan AKB, di mana kita semua bisa kembali beraktivitas, kembali produktif, namun tetap aman dari COVID-19. Dengan semangat kebersamaan dan gotong-royong kita pasti dapat lalui pandemi COVID-19 ini,’ pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya sosialisasi dan edukasi juga dilakukan Tim Velox BIN di SMPN 10 Kota Bogor.  [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top