Pendidikan

Pimpinan RTI dari Amerika Imbau Sekolah Amerika Belajar dari SMPN 8 Bogor

BOGOR-KITA.com – Jajaran pimpinan  Research Triangle Institute (RTI) dari Amerika, yang dipimpin Jim Gibson, wakil presiden eksekutif dan kepala kantor RTI, serta Lisa May, wakil presiden sumber daya manusia RTI, mengunjungi  SMPN 8 Bogor, sekolah mitra USAID PRIORITAS.

“Sekolah-sekolah di Amerika, bisa belajar penerapan pembelajaran aktif dari SMPN 8 Bogor,” kata Jim Gibson, yang terkesan setelah melihat proses pembelajaran aktif di SMPN 8 Kota Bogor, Senin (7/3/2016).

Memasuki ruang kelas VII saat pembelajaran IPA, mereka mendapati siswa tengah bekerja kelompok menyusun rantai makanan, dengan mengidentifikasi ekosistem tempat rantai makanan berada, membangun hipotesa apa yang terjadi bila salah satu organisme tidak tersedia di alam, dan memprediksi apa yang akan terjadi jika produsen dalam suatu ekosistem punah. Proses belajar berlangsung layaknya sebuah turnamen, setiap kelompok tampak antusias beradu kecepatan dan akurasi percobaan ilmiah. Di kelas VIII, mereka melihat para siswa sedang berdiri antri menulis di papan tulis tentang kata atau frase dalam bahasa Inggris yang terkait pengalaman liburan mereka untuk bahan membuat laporan dalam Bahasa Inggris. Di kelas VIII lainnya, tampak para siswa sedang belajar matematika dalam kelompok kecil untuk menemukan jaring-jaring kubus dan menghitung luas kubus dari kalender bekas dan kotak bekas pembungkus balsem. Di perpustakaan, siswa kelas IX terlihat sedang asyik membaca buku bacaan seperti novel dan buku cerita. Mereka sedang melaksanakan kegiatan gemar membaca. Usai membaca, siswa secara bergantian membacakan hasil bacaannya di depan kelas.

Baca juga  CCROM, Tingkatkan Optimisme Sekolah Hadapi Penilaian Adiwiyata

“Pembelajaran ini sangat menarik. Siswa tampak terbiasa memecahkan masalah dan bekerja sama dalam kelompok. Siswa juga tampak terlatih dan percaya diri berpresentasi,” puji Lisa May.

Enam pimpinan RTI dari North Carolina, Amerika, beserta direktur program USAID PRIORITAS, Stuart Weston, terkesan melihat dampak pelatihan guru yang terjadi di kelas. Semua pembelajaran di SMPN 8 Bogor sudah menerapkan pembelajaran aktif. Siswa belajar dalam kelompok kecil, memanfaatkan media pembelajaran kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, menghasilkan karya kreatif dalam pembelajaran, mempresentasikan karya tersebut, dan memajangkannya di ruang kelas.

RTI adalah salah satu pelaksana program USAID PRIORITAS, program bantuan senilai US$ 88,2 juta dari USAID untuk menyediakan pendidikan bermutu bagi siswa di Indonesia.

Baca juga  31 Mahasiswa Paramadina Belajar Kepemimpinan Bima Arya

“Kami bangga dengan komitmen para guru di sekolah dalam memandu pembelajaran yang bermutu bagi siswa,” tukas Stuart Weston memberi apresiasi kepada para guru.

Yuliani Triningsih kepala SMPN 8 Bogor, menyampaikan komitmennya untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. “Kemitraan dengan USAID PRIORITAS sangat berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Kami akan terus bekerja sama dengan komite sekolah untuk menjaga pencapaian ini,” katanya di sela-sela kunjungan. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top