Kota Bogor

OPINI: Heboh Influencer Terjerat Kasus Penipuan, Pelajari Tips Ini Sebelum Berinvestasi

Oleh:

Dwi Nugraha

Mahasiswa S1

Departemen Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Manajemen

IPB University

BOGOR-KITA.com, BOGOR -Pertengahan bulan Maret 2022, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan ditangkapnya IK dan DS atas dugaan penipuan investasi bodong melalui trading binary option. Pasalnya kedua orang tersebut memang kerap kali memamerkan harta kekayaannya melalui konten yang diunggah di media sosial. Hal itu membuat keduanya dijuluki “crazy rich” oleh masyarakat. Maka tak heran jika tertangkapnya IK dan DS ramai diperbincangkan masyarakat.

Binary option bermula ketika Chicago Board Options Exchange (CBOE) resmi diluncurkan pada tahun 1974. Pada bulan Mei 2008, binary option tersedia untuk publik sebagai aset yang dapat diperdagangkan di American Stock Exchange (AMEX). Perdagangan binary option makin populer di seluruh dunia setelah munculnya pertukaran opsi seperti Nadex dan Dewada Exchange. Lalu apa sesungguhnya binary option itu?

Dilansir dari Investor.gov, binary option adalah jenis kontrak opsi di mana pembayarannya sepenuhnya bergantung pada hasil proposisi ya atau tidak yang dijalankan secara otomatis. Binary option biasanya berkaitan dengan apakah harga aset tertentu akan naik atau turun dari jumlah yang ditentukan. Setelah opsi diperoleh, tidak ada keputusan lebih lanjut yang harus diambil pemegangnya. Tidak seperti jenis opsi lainnya, binary option tidak memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli atau menjual aset yang ditentukan. Ketika binary option kedaluwarsa, pemegang opsi menerima jumlah uang tunai yang telah ditentukan sebelumnya atau tidak sama sekali.

Baca juga  IPB University Pecahkan Rekor Dunia Kategori Playing the Most Paired Badminton

Di Indonesia, binary option menjadi opsi yang ilegal untuk diperdagangkan. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Indrasari Wisnu Wardhana, bahwa Bappebti tidak pernah menerbitkan izin untuk binary option karena merupakan kegiatan yang dilarang oleh UU Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). Pelarangan tersebut juga mengacu pada cara kerja binary option. Binary option meminta penggunanya untuk menebak harga dari sebuah aset yang telah dipilih yang akan muncul dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Para pengguna diharuskan menebak harga yang diperdagangkan ketika jangka waktu telah habis. Oleh karena itu, alih-alih sebuah investasi, binary option cenderung dikategorikan sebagai judi.

Investasi dapat diartikan sebagai komitmen sejumlah uang atau sumber daya lainnya saat ini dengan harapan mendapatkan manfaat di masa depan. Dalam praktiknya, investasi dikaitkan dengan berbagai aktivitas penanaman uang pada berbagai macam aset, baik yang berbentuk aset real (real asset) seperti tanah dan emas maupun aset keuangan (financial asset) seperti saham dan obligasi. Proses keputusan investasi ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan, meliputi lima tahap, yaitu penentuan tujuan investasi, penentuan kebijakan investasi, pemilihan strategi portofolio, pemilihan aset dan pembentukan portofolio, serta pengukuran dan evaluasi kinerja portofolio.

Baca juga  Jelang PPKM Darurat 3 Juli, Kang Emil Minta Kepala Daerah Fokus Sosialisasi

Hal mendasar dalam proses keputusan investasi adalah pemahaman tentang konsep risk (risiko) and return (pengembalian). Hubungan risk and return yang diharapkan dari suatu investasi merupakan hubungan yang berbanding lurus. Artinya, makin besar risiko suatu investasi maka makin besar pula tingkat pengembalian yang diharapkan dari investasi tersebut dan sebaliknya. Oleh karena itu, tidak semua investor di pasar modal hanya berinvestasi pada aset yang menawarkan tingkat pengembalian yang paling tinggi sebab investor juga harus mempertimbangkan tingkat risiko yang akan ditanggung.

Sebelum melakukan keputusan investasi, investor — dalam hal ini investor individu — perlu memahami hal-hal sebagai berikut.

  1. Kenali diri sendiri. Instrumen investasi yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko dari masing-masing investor. Investasi bukan merupakan kegiatan utama yang harus dipenuhi sehingga harus dipastikan bahwa dana yang digunakan dalam berinvestasi merupakan “dana nganggur” agar tidak mengganggu alokasi keuangan untuk kebutuhan yang utama.
  2. Tentukan tujuan berinvestasi. Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda-beda sehingga perencanaan investasi pun akan berbeda, baik dari segi instrumen investasi yang dipilih, maupun jangka waktu yang akan ditempuh. Contohnya, jika anda seorang yang berumur 20-30 tahun dan mempunyai tujuan keuangan untuk dana pensiun, maka instrumen investasi yang dapat dipilih adalah saham jangka panjang.
  3. Menguatkan komitmen. Prinsip dasar dalam berinvestasi adalah “high risk, high return”. Makin tinggi return yang ingin dicapai, makin tinggi pula risiko yang harus ditanggung. Oleh karena itu, penting untuk mempunyai komitmen yang kuat agar tantangan-tantangan selama berinvestasi — seperti mengalami kerugian — dapat dilalui sehingga tujuan investasi yang diharapkan dapat tercapai.
Baca juga  Puluhan Korban Penipuan Travel Bakal Lapor Polda Metro Jaya

Berdasarkan informasi diatas, investasi merupakan sarana untuk mencapai tujuan keuangan tertentu. Investasi yang paling baik adalah investasi yang disesuaikan dengan tujuan keuangan masing-masing investor. Oleh karena itu, pemahaman tentang investasi sangatlah penting untuk menjawab tantangan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Thavaneswaran, A., Appadoo, S. S. and Frank, J. (2013) ‘Binary option pricing using fuzzy numbers’, Applied Mathematics Letters, 26(1), pp. 65–72. doi: 10.1016/j.aml.2012.03.034.

Dirgantara, H., 2021. kontan.co.id. [Online]
Available at: https://investasi.kontan.co.id/news/dilarang-di-indonesia-ini-seluk-beluk-soal-trading-binary-option [Accessed 20 March 2022].

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top