Kota Bogor

Minimnya Ruang Rawat, ASB Usulkan Puskesmas Dijadikan RS Tipe D

Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PPP, Akhmad Saeful Bakhri (ASB)

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PPP, Akhmad Saeful Bakhri (ASB) mengusulkan agar seluruh puskesmas yang ada di Kota Bogor dinaikkan statusnya menjadi Rumah Sakit (RS) tipe D.

Hal itu dikarenakan masih minimnya ketersediaan ruang rawat inap dan ICU di rumah sakit di Kota Bogor.

Menurut ASB, saat ini ada sekitar tujuh ribu kasus aktif Covid-19 di Kota Bogor. Sementara, seluruh ruangan IGD di setiap RS penuh dan sudah tidak bisa lagi menampung pasien Covid-19 maupun non Covid-19.

“Kami berharap kenaikan status puskesmas minimal bisa mengatasi minimnya fasilitas rawat inap,” ucap ASB kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).

Berdasarkan data dari Dinkes Kota Bogor, lanjut ASB saat ini ada sekitar 25 Puskesmas yang tersebar di 6 kecamatan dan semuanya sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah atau (BLUD).

Baca juga  Langkah Bima Pilih Syarifah Sofiah Sebagai Sekda Sudah Tepat

Dengan status puskesmas yang sudah BLUD diharapkan kedepannya bisa menjadi rumah sakit tipe D, fasilitas kesehatan tersebut bisa mengcover pasien rujukan dan optimalisasi penanganan kesehatan, khususnya bagi pasien Covid-19.

“Beberapa puskesmas di Kota Bogor juga ada yang sudah memiliki fasilitas rawat, contohnya di Puskesmas Bogor Utara yang berada di Kelurahan Tanah Baru. Mungkin, ada lagi Puskesmas lainnya yang sudah memiliki ruang rawat,” ungkapnya.

Anggota Komisi IV ini menegaskan, dengan kenaikan status puskesmas menjadi RS tipe D diperlukan payung hukum berupa peraturan daerah (Perda). Atas dasar itu, ia menyarankan pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dapat segera mengusulkan produk hukum tersebut agar segera dimasukkan ke dalam program legislasi daerah.

Baca juga  Langkah Bima Pilih Syarifah Sofiah Sebagai Sekda Sudah Tepat

“Kalau kita boleh berandai-andai, satu puskesmas itu dapat menyiapkan lima ruang isolasi, itu sudah cukup membantu layanan kesehatan untuk masyarakat Kota Bogor,” katanya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top