Kab. Bogor

Melalui Rapat Paripurna, Ketua DPRD Rudy Susmanto Tegaskan Bogor Dukung Palestina Merdeka

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Ada yang berbeda dari gelaran Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Selasa 7 November 2023. Rapat dengan agenda Penetapan Perda Pondok Pesantren dan Rekomendasi nama Calon Penjabat (Pj) Bupati Bogor tersebut diwarnai atribut Negara Palestina, mulai dari bendera hingga aksesoris yang dikenakan peserta rapat dan staf Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, pihaknya memang sengaja membangun nuansa seperti itu untuk menunjukan keberpihakan terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan negara mereka.

“Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami seluruh anggota DPRD beserta staf Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, pemerintah daerah dan semua elemen kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Bogor terhadap perjuangan saudara kita di Palestina yang hingga saat ini menghadapi agresi militer zionis Israel,” terang Rudy Susmanto.

Baca juga  Lagi, Satu Keluarga Positif Corona di Cileungsi Kabupaten Bogor

Rudy mengatakan, dukungan bangsa Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina bukan sekedar karena sentimen keagamaan. Indonesia yang menolak segaal bentuk penjajahan di muka bumi, kata Rudy, juga punya historis panjang dengan Palestina.

“Palestina menjadi negara pertama yang mendukung kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum Indonesia memproklamirkab kemerdekaan,” kata dia.

Pernyataan Rudy merujuk Sejarah pada 6 September 1944, Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al Husaini, mengucapkan selamat kepada Indonesia melalui Radio Berlin.

Pengakuan itu menjadi salah satu bentuk dukungan untuk Indonesia, yang saat itu belum memproklamasikan kemerdekaannya.

Padahal, waktu itu Palestina masih menghadapi imperialis Inggris. Meski begitu, Al Husaini tetap menyebarluaskan dukungan Palestina kepada Indonesia.

Baca juga  Terima Pimpinan ITB Vinus Bogor, Rudy Susmanto: SDM Investasi Terpenting

Tak hanya itu, Palestina juga ikut melobi sejumlah negara-negara di Timur Tengah untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Alhasil, pada 22 Maret 1946, Mesir memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia dan disusul negara-negara lainnya.

“Jadi melalui forum resmi ini, melalui rapat paripurna kali ini, Kami menegaskan Kabupaten Bogor mendukung Palestina, Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka,” tegas Rudy.(*)

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top